Skip to content

AL QURAN dan HADIS, SERUPA TAPI TAK SAMA

October 19, 2015

Banyak orang yang masih bingung tentang hubungan Al quran dengan Hadist.

Sebagian APOLOGIS ISLAM yang selalu membantah hadist, lalu menyandarkan bahwa apa yang tidak terdapat di Al quran tidak bisa dijadikan pegangan.

Pertanyaannya, mengapa ada hadist?

ISLAM MAINSTREAM, menyandarkan ajaran ISLAM pada 2 hal, yaitu 1. Al quran dan 2. Hadist

Kenyataan bahwa 4 dari 5 pilar Islam tidak terdapat di Al quran, semuanya berdasarkan Hadist.

Kutipan:
Bukhari:V1B2N7 “Rasul Allah berkata: ‘Islam berdasarkan atas lima (prinsip): 1. Untuk mengaku tiada yang layak disembah selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah.”

Qur’an memerintahkan Muslim untuk menaati sang Rasul. Jika kau tidak tahu apa yang ia perintahkan, maka tidaklah mungkin menaatinya. Qur’an katanya berisi semua perintah Allah dan bukan perintah Muhammad, jadi kau harus menuruti apa yang dikatakan Qur’an. Qur’an juga mengatakan orang2 Muslim harus menuruti contoh2 sang Rasul, tapi contoh2 itu hanya terdapat di Sunnah. Karena itu, pilar Islam yang pertama jadi tak berarti sama sekali dan tidak mungkin dapat dilaksanakan tanpa Ishaq and Tabari.

Kutipan:
“2. Untuk melakukan ibadah (wajib berkumpul untuk melakukan) sembahyang secara taat dan sempurna.”

Lagi2, ini tidak jelas. Wajib berkumpul untuk melakukan sembahyang ini tidak dijelaskan dalam Qur’an. Bahkan tidak ada keterangan kecil sekalipun. Sebenarnya, Qur’an berkata harus ada tiga orang bersembahyang, tapi tidak dijelaskan bagaimana sembahyangnya, dan Hadis malah minta lima orang. Keterangan satu2nya tatacara sembahyang ditemukan di Sunnah – dan ini bahkan tidak pernah dijelaskan oleh sang Nabi sendiri. Orang2 Muslim tidak bisa melakukan ibadah sembahyang hanya dari yang ditetapkan di Qur’an. Karena itu, pilar kedua pun runtuh.

Kutipan:
Bukhari:V1B2N7 “3. Membayar Zakat.”

Bagaimana bisa bayar Zakat jika kata2 tentang Zakat dihilangkan dari Qur’an? Yang pertama menuliskannya di atas kertas adalah Ishaq. Seabad kemudian, Tabari mengutip Hadis Ishaq. Satu2nya alasan orang Muslim dapat bayar Zakat adalah karena Ishaq menjelaskan hal itu pada mereka.

Kutipan:
“4. Melakukan ibadah haji.”

Ini juga tidak mungkin dilakukan. Satu2nya keterangan tentang ibadah haji hanya ada di Sunnah. Kegiatan naik haji tidak dapat dilakukan tanpa keterangan dari Hadis. Orang Muslim tidak akan tahu tanpa itu.

Kaupikir tentunya Allah sendiri yang akan menjelaskan pilar terakhir dalam wahyunya yang “sempurna, terperinci dan terakhir bagi umat manusia?”

Kutipan:
Bukhari:V1B2N7 “5. Untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.”

Meskipun Qur’an menjelaskan tentang puasa, tanpa Hadis, Muslim tidak akan tahu mengapa Ramadhan itu sangat istimewa. Keterangan tentang arti Ramadhan terdapat dalam tradisi mereka – pertama-tama ditulis oleh Ishaq dan lalu disalin oleh Bukhari, Muslim, dan Tabari.

Yang lucu adalah satu2nya pilar yang dijabarkan di Qur’an sebenarnya dipinjam dari upacara Pagan (penyembah berhala) Qusayy yang diciptakan sebelum masa Islam Muhammad. Keluarga Qussay mengambil sebagian barang2 dagangan yang terjual di acara “dewa2 berdamai” di pekanraya2 Ramadhan.

——————————————————————————————————–

Al quran yang isinya lompat sana lompat sini, diulangulang dan tidak beraturan, tidak urut waktu dan peristiwa, sisip sana sisip sini dan segala macam keanehan cara penulisan, tidak akan mungkin dimengerti apabila tidak ada penjelasan dari hadist.

Muslim yang menghindar dari hadist BLEGUK PEKOK dan TOLOL yang tidak paham bagaimana memahami AL quran itu sendiri dan muslim yang percaya dengan Hadist, suka atau tidak suka, dipaksa atau dengan sukarela harus menerima kenyataan bahwa apa yang diceritakan di dalam hadist adalah suatu AIB bagaimana perkataan dan prilaku Muhammad yang sebenarnya.

Setiap bentuk kalimat/tulisan yang berisikan pernyataan dapat dimengerti apabila kita mengerti konteksnya.

Dalam Al quran, konteks kalimat ditiadakan dan untuk mengetahui apa yang dimaksutkan di dalam al quran harus melihat Hadist sebagai konteks kalimat yang terdapat di dalam Al qura.

Kita bisa melihat misalnya QS 111 tentang Abu Lahab:

[111.1] Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa.
[111.2] Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.
[111.3] Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.
[111.4] Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar.
[111.5] Yang di lehernya ada tali dari sabut.

Ini adalah isi dari surat 111. Sebuah surat yg pendek, hanya terdiri dari 5 ayat yg berisi kutukan/maki2an. Jika kau tidak tahu kisah dibelakang surat ini kau tidak akan mengerti.

Contoh utk Surat 9 terdiri dari dua bagian. Bagian pertama disebut Bara’at (penyelamatan) dan bagian kedua disebut Taubah (tobat/penyesalan). Kalian tidak dapat mengerti surat ini kecuali kalian tahu apa yg diacu olehnya. Bara’at ditulis menjelang penyerangan ke Mekah. Disebut Bara’at karena dalam bagian Surat ini (katanya) tuhan menyuruh Muhammad bahwa dia bebas utk melanggar perjanjian dg kaum Pagan. Semua ayat2 mengacu pada kejadian itu. Taubah ditulis ketika Muhammad kembali dari perang Tabuk dan dia melihat ada muslim yg tidak ikut berperang. Dia menyuruh para penduduk medina agar jangan berbicara pada para desertir ini dan bahkan memerintahkan istri2 mereka pindah dari rumah mereka. Selama 40 hari tidak ada yg berbicara pada mereka dan jika lewat seolah2 menganggap mereka tidak ada. Setelah 40 hari Muhammad menerima tobat mereka dan dalam Surat ini dia menetapkan kondisi2 utk penyesalan/tobat itu.

Detail2 ini ada dalam sejarah dan hadits. Kalian tidak akan dapat mengerti surat ini dan surat manapun juga, dg baik tanpa tahu sejarah dibelakangnya.

Jadi utk para muslim Qurani, kalian tidak akan dapat mengerti Quran tanpa Hadits dan Sira. Tafsir apa yg dapat kalian terapkan jika kalian menyangkal latar belakang dan konteks dari Quran?

Bagi yang tidak percaya Hadis, baca dan renungkan ini baik baik:

Tanpa Hadis, kamu tidak bisa tahu tentang Muhammad. Tanpa mengetahui apapun tentang Muhammad, maka tidak ada Islam. Jika kau meragukan Hadis, maka kau meragukan seluruh keberadaan Islam, dan karena itu kau disebut apostate/murtad/kafir

From → Uncategorized

196 Comments
  1. SAW SUPER BANGSAT BIADAB permalink

    QS 46: 9. SI BANGSAT “SAW” BERKATA AKU BUKANLAH RODUL AKU HANYA SEORANG BAJINGAN PEDOFIL RAJA RAMPOK DI MEKKAH. DAN AKU TDK TAW APA YG OLOOOH LAKUKAN TERHDP KU DAN TERHDPMU. AKU HANYALAH SEORG RAJA RAMPOKK YG MISKIN DAN BAJINGAN MEMEKK…. DAN HOBI SENGGAMA…..

  2. SAW SUPER BANGSAT BIADAB permalink

    QS 46: 9. SI BANGSAT “SAW” BERKATA AKU BUKANLAH RASUL AKU HANYA SEORANG BAJINGAN PEDOFIL RAJA RAMPOK DI MEKKAH. DAN AKU TDK TAW APA YG OLOOOH LAKUKAN TERHDP KU DAN TERHDPMU. AKU HANYALAH SEORG RAJA RAMPOKK YG MISKIN DAN BAJINGAN MEMEKK…. DAN HOBI SENGGAMA….. 😀 WKKKKKKKKK

  3. Gigih permalink

    AL QURAN dan HADIS, SERUPA TAPI TAK SAMA

    Iya saya setuju ^_^

    SERUPA :

    Sama-sama bahasa arab , sama sama tebel

    TAPI TAK SAMA :

    Tapi isinya beda , bahkan ada yang bertolak belakang antara Hadist dan AlQuran

    Makanya saya tidak heran bila anda mengutipkan Hadist dan AlQuran yang isinya betolak belakang

    Karena bisa saja Hadist yang anda kutip tidak soheh

    Khusus untuk “JUDULNYA” saya setuju , OK OK saja

    ^_^

    • SAW SUPER BANGSAT BIADAB permalink

      GAK USAH TAQIYYA!!!!!!!!!! CKKKK.. MAKIN TAQIYYA MAKIN KELIATAN , SUPER IDIOT ISLAM PLUS OTAK NYEMPLUNG COMBERAN, OTAK DAN HATI NURANI DIBUANG DI SAMPAH !!!!! . SMUA ORG SUDAH TAW !!!! HADIST BUKHARI , HADIS RIWAYAT MUSLIM ADLH HADIST SAHIH………………………………….. !!!!!!! SMUA ORG JUGA TAW MUSLIMUN JENIUS SPERTI ENTE YG MENUTUPI KEBENARAN YAITU KEJAHATAN, KEBEJATAN MORAL , KEGILAAN, MUHAMMA…………….

      • eloe itu buta hati dan gak melihat lagi, yang namanye benar, wahai orang bodoh…
        malas ngomong ame orang goblok….

        siapakah yang mengajarin kamu beribadah?
        emangnye, hakkullah siapa yang ngajarin?
        loh, gue nanye ame eloe, kok dibalikkin pertanyaan gue..
        capek deh..
        Payah!!
        orang-orang kristen dodol
        orang-orang kristen bodoh
        orang-orang kristen kucing
        Payah!!!
        paayaa…h!!!
        cari tuh jawabannya..
        payah!!!! gak tahu jawabaaannya “susah ngomongnye”
        pelajari tuh alkitab eloe!

        nanti, gue minta jelasin ayat kitab suci eloe, eloe-nye jadi tambah bingung
        kalau gue sich, gue sih bisa-bisa aje, karena eloe goblok tentang islam

        paling juga, dibilang “Pembenaran”
        lalu, eloe gimane?
        dasar bego!!!

        waallahu a’lam..terima kasih

      • Si momad69Aisha permalink

        Ente jadi pintar ye.., kalau bilang orang lain bego?

        Dasar Kucing..!

    • gigih permalink

      Apakah anda bisa baca judulnya ???

      ” AL QURAN dan HADIS, SERUPA TAPI TAK SAMA ”

      ^_^

  4. SAW SUPER BANGSAT BIADAB permalink

    yupppppppp… SETUJUUUUUUUU Org2 YAHUDI, GOBLOK2 KRISTENNNNN kucing GOBLOK2 DAN BEGOOOOO. TAPI YG LEBIIIIIIIIH GOBLOOOOKKKK ADALH HAKULOHHHH SUPER DODOL ISLAM….. IBADAH SHOLAT 50X. HANYALAH UTK ORG2 BERAGAMA ISLAM MACEM HAKULOOHHHH TAEKKKKKK ASUUUUUUUU ISLAAAAAAM
    DODOOOOOOOOOOOOOL ISLAAAAAAAAAM….. OLOOOOOOOOOOH SWTMUUUUUU BAAAAAAR BAAAAAAAAARRRRRRRRRRR

  5. gigih menulis:
    Tapi isinya beda , bahkan ada yang bertolak belakang antara Hadist dan AlQuran

    Tanggapan:
    Masih ingat cerita Quran yang saya kutib untuk poin 1 mu tempohari?
    Ayat sesat mengatakan: Bunuhlah dirimu agar Allah swt memaafkan dosamu…

    versus:

    dilarang bunuh diri…

    Wow…kamu gak sadar Quran pun bertentangan di dalam dirinya sendiri?

    Apa lagi Quran vs Hadits…hihihi

    • SAW SUPER BANGSAT BIADAB permalink

      jgn 2 gigih ama HAKULOHHHH IRG YG SAMA2 INGUS ISLAMMMMM… HAHAHA

    • gigih permalink

      @Jangan Gitu Ah

      Maaf yang ini saya baru baca , soalnya saya jarang masuk ke page bahasan ini ,
      saya seringnya di page “Anda Islam ? Pasti tolol”
      _____________________________________________________________________________

      Apakah anda tau , islam melarang umatnya untuk membunuh ?

      “Oleh karena itu, Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israel, bahwa barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan, barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Kemudia banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi” (Al Maa’idah:32)

      Tapi , islam islam itu diperbolehkan membunuh bila ada SEBABNYA

      “Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan suatu (sebab) yang benar” [al-‘An’âm 6:151]

      Bayangkan bila anda diperangi , apakah anda akan diam saja ???
      Ini contoh perintah islam untuk membunuh saat berperang

      (Ingatlah), ketika Rabb-mu mewahyukan kepada para malaikat: ‘Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkanlah (pendirian) orang-orang yang telah beriman’. Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala-kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka.” – (QS.8:12)

      “(Ketentuan) yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya, mereka menentang Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya Allah amat keras siksaan-Nya.” – (QS.8:13)

      Dan bila kita tidak diperangi , tidak ada perintahnya untuk membunuh orang saat tidak diperangi
      Ini ayatnya , amalanku untukku , amalanmu untukmu , kita masing-masing urus diri sendiri

      “Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: ‘Bagiku pekerjaanku, dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan, dan aku berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan’.” – (QS.10:41)
      _________________________________________________________________

      PAHAM ???

      BEGITU JUGA PERINTAH UNTUK ” MEMBUNUH DIRIMU SENDIRI ”

      ALLAH TIDAK AKAN MEMERINTAHKAN UNTUK MEMBUNUH DIRIMU SENDIRI BILA TIDAK ADA SEBABNYA

      APAKAH ANDA TAU ?

      PERINTAH UNTUK MEMBUNUH DIRIMU SENDIRI ADALAH PERINTAH YANG DITURUNKAN KEPADA KAUM MUSA !!!!

      “Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: ‘Hai kaumku, sesungguhnya kamu telah menganiaya dirimu sendiri, karena kamu telah menjadikan anak lembu (sebagai sesembahanmu), maka bertaubatlah kepada Rabb yang menjadikan kamu, dan bunuhlah dirimu. Hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Rabb, yang menjadikan kamu; maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya, Dialah Yang Maha Penerima taubat, lagi Maha Penyayang’.” – (QS.2:54)

      CARILAH PERINTAH BUNUH DIRI SELAIN YANG DIPERINTAHKAN KEPADA KAUM NABI MUSA TEREBUT …. PASTI TIDAK ADA !!!!

      BAHKAN BUNUH DIRI ITU ADALAH DOSA BESAR

      “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu, dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku, dengan suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya, Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” – (QS.4:29)

      APAKAH ANDA TAU APA KENAPA HANYA KAUM MUSA YANG DIBERI PERINTAH BUNUH DIRI ???

      APAKAH ANDA TAU DOSA APA YANG DILAKUKAN KAUM MUSA ???

      BILA ALLAH SUDAH MEMERINTAHKAN UNTUK BUNUH DIRI , BERARTI DOSA MEREKA ITU JAUH LEBIH BESAR DARI PADA DOSA BUNUH DIRI

      BAHKAN DOSA MEREKA ITU AKAN LEBIH BESAR LAGI BILA MEREKA TERUS HIDUP

      MAKA DARI ITU ALLAH MEMERINTAHKAN UNTUK BUNUH DIRI SAJA DARI PADA DOSANYA MEMBENGKAK

      PAHAM ???

      SAYA TEGASKAN LAGI !!!!
      _________________________________________________________________________

      CARILAH PERINTAH BUNUH DIRI SELAIN YANG DIPERINTAHKAN KEPADA KAUM NABI MUSA TEREBUT …. PASTI TIDAK ADA !!!!
      _________________________________________________________________________

      Pasti sekarang anda paham ^_^

    • gigih permalink

      @JGA

      Mungkin anda kurang paham AlQuran dan belum membaca semua isi AlQuran sehingga anda punya pemikiran yang salah tentang AlQuran

      Adalagi ayat AlQuran yang anda pertanyakan ??

      Dengan senang hati saya akan menjawab ^_^

  6. Nandar Si Pelaut permalink

    ihdinasshirhotal mustaqim ( tunjukkanlah kami jalan yg lurus) berarti kita meminta langsung..sedangkan yohanes 16:4 akulah kebenaran dan hidup..tidak ada seorang pun yang datang kepada bapa yang di sorga kalau tidak melalui aku..berarti harus dngan petunjuknya atau melalui dirinya yeah?(yesus) nah kira2 bagus yang mana nih??? meminta langsung …atau??? bukan kah setiap insan itu memiliki allah?:)

    • NSP : bukan kah setiap insan itu memiliki allah?:)

      Dalam ajaran ISLAM, tidak satu manusia atau jin pun yang memiliki ALLOW, yang benar adalah sebagai contoh ABDULLAH artinya BUDAK ALLOW.

      dalam kontekstual beragama, yang memiliki ALLOW ya yang menyembah ALLOW… Kalau seseorang menyembah PENUNGGU POHON, yang dimilikinya ya PENUNGGU POHON. Kalau seseorang menyembah BATU yang bernama ALLOW seperti ABDULLAH sang ABDI/BUDAK ALLOW… yang dia punya hanyalah BATU bernama ALLOW… selebihnya cuma klaim klaim dan bualan kosong saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: