Skip to content

MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

April 9, 2015

Silahkan anda baca baik baik, ilmu ilmu apa saja yang harus dikuasai agar bisa memahami Al Quran dengan benar!

http://albarzah.blogspot.com/2010/11/17-ilmu-yang-harus-dikuasai-agar-bisa.html

17 ILMU YANG HARUS DIKUASAI AGAR BISA MEMAHAMI QUR’AN DENGAN BENAR

‎1. Ilmu Mawathin al-Nuzul. Yaitu ilmu yang menerangkan tempat-tempat turunnya ayat, masanya, awal dan akhirnya. Kitab yang membahas ilmu ini banyak. Diantaranya ialah al-Itqan, tulisan al-Suyuthi.

2. Ilmu Tawarikh al-Nuzul. Yaitu ilmu yang menerangkan dan menjelaskan masa turun ayat dan tertib turunnya, satu demi satu, dari awal turun hingga akhirnya, dan tertib turun surat dengan sempurna.

3. Ilmu Asbab al-Nuzul. Yaitu ilmu yang menerangkan sebab-sebab turun ayat. Diantara kitab yang menjelaskan hal ini ialah Lubab al-Nazul karangan al-Suyuthi.


4. Ilmu Qira’at. Yaitu ilmu yang menerangkan rupa-rupa Qira’at (bacaan al-Qur’an yang diterima dari Rasulullah SAW). Seindah-indah kitab untuk mempelajari ilmu ini ialah kitab al-Nasyr Fi Qira’at al-Asyr, tulisan Ibnu Jazary.


5. Ilmu Tajwid. Ilmu yang menerangkan cara membaca al-Qur’an, tempat mulai dan pemberhentiannya, dan lain-lain yang berhubungan dengan itu.


6. Ilmu Gharib al-Qur’an. Ilmu yang menerangkan makna kata-kata yang ganjil yang tidak terdapat dalam kitab-kitab biasa, atau tidak terdapat dalam percakapan sehari-hari. Ilmu ini menerangkan makna kata-kata yang halus, tinggi, dan pelik.


7. Ilmu I’rabil Qur’an. Ilmu yang menerangkan baris al-Qur’an dan kedudukan lafal dalam ta’bir (susunan kalimat). Di antara kitab yang memenuhi kebutuhan dalam membahas ilmu ini ialah Imla al-Rahman, karangan Abdul Baqa al-Ukbary.


8. Ilmu Wujuh wa al-Nazhair. Yaitu ilmu yang menerangkan kata-kata al-Qur’an yang banyak arti; menerangkan makna yang dimaksud pada satu-satu tempat. Ilmu ini dapat mempelajari dalam kitab Mu’tarak alAqran, karangan al-Suyuthi.


9. Ilmu Ma’rifat al-Muhkam wa al-Mutasyabih. Ilmu yang menyatakan ayat-ayat yang dipandang muhkam dan ayat-ayat yang dianggap mutasyabih. Salah satu kitab mengenai illmu ini ialah al-Manzhumah al-Sakhawiyah, susunan Imam al-Sakhawy.


10. Ilmu al-Nasikh wa al-Mansukh. Yaitu ilmu yang menerangkan ayat-ayat yang dianggap mansukh oleh sebagian mufassir. Untuk mempelajari ilmu unu dapat dibaca kitab al-Nasikh wa al-Mansukh, susunan Abu Ja’far al-Nahhas dan al-Itqan karangan al-Suyuthi.


11. Ilmu Bada’i al-Qur’an. Ilmu yang membahas keindahan-keindahan al-Qur’an. Ilmu ini menerangkan kesusasteraan al-Qur’an, kepelikan-kepelikan dan ketinggian-ketinggian balaghah-nya. Untuk ini dapat juga dibaca kitab al-Itqan karangan al-Suyuthi.


12. Ilmu I’daz al-Qur’an. Yaitu ilmu yang menerangkan kekuatan susunan tutur al- Qur’an, sehingga ia dipandang sebagai mukjizat, dapat melemahkan segala ahli bahasa Arab. Kitab yang memenuhi keperluan ini ialah I’jaz al-Qur’an, karangan al-Baqillany.


13. Ilmu Tanasub Ayat al-Qur’an. Ilmu yang menerangkan persesuaian antara suatu ayat dengan ayat sebelum dan sesudahnya. Kitab yang memaparkan ilmu ini ialah “Nazhmu al-Durar” karangan Ibrahim al-Riqa’iy.


14. Ilmu Aqsam al-Qur’an. Yaitu ilmu yang menerangkan arti dan maksud-maksud sumpah Tuhan atau sumpah-sumpah lainnya yang terdapat di dalam al-Qur’an.


15. Ilmu Amtsal al-Qur’an. Ilmu yang menerangkan segala perumpamaan yang ada dalam al-Qur’an. Kitab yang dapat dipelajari untuk ilmu ini antara lain Amtsal al-Qur’an, karangan al-Mawardi.


16. Ilmu Jidal al-Qur’an. Ilmu untuk mengetahui rupa-rupa debat yang dihadapkan al- Qur’an kepada kaum musyrikin dan lain-lain. Ayat-ayat yang mengandung masalah ini dikumpulkan oleh Najamuddin al- Thusy.


17. Ilmu Adab al-Tilawah al-Qur’an. Yaitu ilmu yang mempelajari segala bentuk aturan yang harus dipakai dan dilaksanakan di dalam membaca al-Qur’an. Segala kesusilaan, kesopanan dan ketentuan yang harus dijaga ketika membaca al-Qur’an. Salah satu kitab yang amat baik dalam hal ini ialah kitab Al-Tibyan, karangan al-Nawawy.
Kemudian bacalah dan pahami apa yang dituliskan dan apa yang dimaksutkan oleh ALLOW SWT dalam ayat ini:
http://quran.com/54/17, 22, 32 & 40
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?
http://quran.com/14/52
(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.
Jadi, Al quran menurut ALLOW SWT selain JELAS, RINCI, dan TIDAK ADA KERAGUAN DI DALAMNYA, Al quran dimudahkan dengan penjelasan yang sempurna.
Syaratnya : ANDA HARUS MENGUASAI 17 ILMU
Menurut saya sih, harus ditambah syarat minimal menguasai ilmu:
–  TIPU TIPU
–  COCOKMOLOGI

From → Uncategorized

85 Comments
  1. tergantung, ilmu ape yang ingin mau dikuasai?..tinggal bace tafsir aje. kalau mau menafsirkan alquran, maka dia harus memenuhi persyaratan yang kuat, seperti yang eloe jabarin..kalau kita gak sanggup melakukan semua itu, pelajarilah semampunnya…kalau kamu membaca beberapa tafsir, tentu kamu akan menemukan di antara ilmu-ilmu itu..ada ulama menjabarkan segi ilmu tatabahasa termasuk ilmu balaqhah, ada juga ushul fiqih dsb..

    Apakah loe gak sadar, ketika saat loe menafsirkan alquran, lalu dikaitkan dengan sebab turunnya alquran?.. misalkan: Ibnu Katsir memberikan dan menafsirkan sebuah ayat alquran, lalu beliau menyebutkan sebuah hadits mengenai kaitan dengan sebab turunnya alquran..lalu, ada sebagian ulama menafsirkan alquran dengan tata bahasa arab, ada lagi ulama menafsirkan alquran dikaitkan dengan kosa kata…semakin kita membaca tasir mereka, semakin banyak wawasan yang kita miliki..

    kalau anda tidak punya kemampuan menguasai ilmu-ilmu tersebut, kenapa anda mencoba-coba menafsirkan alquran?..anda itu menafsirkan alquran tanpa ilmu dan anda hanya menduga-duga saja…

    baik, kita akan jelaskan tafsir ayat di bwah ini:
    Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?

    #(Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran) Kami telah memudahkannya untuk dihafal dan Kami telah mempersiapkannya untuk mudah diingat
    #(maka adakah orang yang mengambil pelajaran?) yang mau mengambilnya sebagai pelajaran dan menghafalnya. Istifham di sini mengandung makna perintah yakni, hafalkanlah Alquran itu oleh kalian dan ambillah sebagai nasihat buat diri kalian. Sebab tidak ada orang yang lebih hafal tentang Alquran selain daripada orang yang mengambilnya sebagai nasihat buat dirinya.

    Alquran itu sebagai penasehat kita..kita dinasehati oleh Allah dengan alquran. pada saat kita lupa. kita diingatkan oleh ALlah..dan orang-orang yang diluar islam, misalkan: beribadahkan kepada ALlah, mengenai status yesus, apakah yesus itu tuhan atau manusia?..jika mereka mau mengambil nasehat itu, maka mereka kembali kepada fitrah mereka sebagai hamba Allah..

    Penjelasan alquran juga dari tingkat yang paling dasar, menengah dan sampai kepada tingkat tinggi…

    di dalam alquran dijelaskan: “Allah swt tidak membebani seorangpun melainkan hanya kesanggupannya” dan dijelaskan: “bertakwalah kalian sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri kalian”..

    Apakah penguasaan ilmu-ilmu itu menjadi wajib bagi kami?..tentu, tidak seperti itu..kewajiban yang dibebeni oleh Allah hanyalah orang-orang yang diberikan ilmunya dari-Nya..kalau kita ingin tahu maksud ayat Allah, tanyalah kepada ahlinya (yang memiliki penguasaan ilmu alquran dan pemahaman alquran yang baik)..

    Kesimpulan: Untuk memahami ayat-ayat alquran dengan baik, maka bacalah buku-buku tafsir alquran atau kalau gak ngerti maksud ayat alquran, tanyakan kepada ahlinya..

    semua ilmu yang dkuasai di atas, itu namanye sudah ahlinye. sekarang sudah terbuka ilmunya yang sangat luas, patutlah kita banggakan dengan wawasan yang akan kita miliki dengan lewat ilmu-ilmu mereka yang cukup baik menguasainya, insya Allah sangat mudah dipelajari bagi yang mau mempelajari..

  2. loe itu gak akan paham alquran. emangnye, namenye jelas, terperinci itu semuanya sampai sekecil-kecilnye sudah dijelasin..kalau loe fikirannye, kai gitu, turun lagi dong kitab baru..zamn dulu gak ade namenye “bayi tabung”, lalu diciptakan alquran baru yang isinye ade “keterangan mengenai Bayi Tabung”…dodol banget sich..

    leo mau tahu cara buat sayur asem, ade dalam alquran..loh, gue sudah cari di alquran gak ade kate “sayur asem”..Allah jelaskan: maka tanyakanlah kepada ahlinye..”..Allah gak suka yang sombong..loe gak bisa buat syur, eh male bilang bisa buat syur..dodol banget sich loe..waallahu a’lam..

  3. pak admin, mudah itu dalam hal apa dulu?..ada lagi, ilmu mempelajari alquran?. apa itu?. ilmu tajwid,..ilmu tajwid itu mudah dipelajari…anak TK aje, bisa baca sesuai dengan tajwidnye..sangat mudah bukan?..

    anda itu sudah dewasa, apakah loe bisa baca alquran sesuai dengan tajwidnya?..anak TK aje bisa, mase loe gak bisa…apakah ini merupakan tingkat dasar?..kalau sudah bace alquran dengan tajwidnye. baru boleh belajar Nahwu dan sharof (dari tingkat dasar sampai tingkat terakhir), kemudian belajar balaghah..mase mau nguasai alquran, langsung 2 tahun bisa paham alquran seutuhnye…belajar alquran tahap demi tahap “step by step”..

    Loe belajar matematika, pasti diawali dasarnye dulu..mase diajari guru bukunya buku kuliah, ntar sekolah dasar loe gak nyambung..

    SEMOGA LOE NGERTI MAKSUD GUE!..WAALLAHU A’LAM..

    • Jadi, Al quran menurut ALLOW SWT selain JELAS, RINCI, dan TIDAK ADA KERAGUAN DI DALAMNYA, Al quran dimudahkan dengan penjelasan yang sempurna.
      Syaratnya : ANDA HARUS MENGUASAI 17 ILMU
      Menurut saya sih, harus ditambah syarat minimal menguasai ilmu:
      – TIPU TIPU
      – COCOKMOLOGI

      • Dodol, bace artikel loe..apa yang loe pahami, itu namanye tafsir, bos….nich gue kasih tahu, Allah swt jelaskan kepada kita: bahwa tugas Nabi Muhammad saw adalah menjelaskan isi kandungan alquran. itu namanye lengkap gak?..Allah swt jelaskan juga bahwa Yesus akan turun ke bumi ke dua kali sebagai tanda datangnya hari kiamat, ada di dalam alquran, lalu diperinci lebih jelas keterangan dari hadits..
        mase loe gak paham Allah swt jelaskan secara terperinci dari yang sekecil-kecilnya. contoh: Allah hanya mengatakan : aqimi shalaah “dirikanlah shalat”.. ini menunjukkan perintah wajib bahwa shalat wajib, sedangkan tatacaranya dijelaskan oleh Rasulullah saw sebagaimana diperintahkan oleh Allah kepada kita untuk mentaati Rasul-Nya. di dalam alquran dijelaskan: Jika kalian benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku (Nabi Muhammad saw)..

        Jelas dan terperinci. lalu Rasullah saw memberikan warisan ilmu berupa alquran dan hadits, serta kita wajib mencintai para shahabat..

        Rumusnye begini para non-muslim:
        # BISA MENJAWAB = PAHALA
        TIDAK BISA MENJAWAB = DAPAT PAHALA

        # BISA MENJAWAB = DOSA
        TIDAK BISA MENJAWAB = DAPAT PAHALA

        # BISA MENJAWAB = DOSA
        TIDAK BISA MENJAWAB = DAPAT DOSA

        # BISA MENJAWAB = PAHALA
        TIDAK BISA MENJAWAB = DAPAT DOSA

        RUMUS LAGI:
        # MENGERJAKAN = DOSA
        TIDAK MENGERJAKAN = DAPAT PAHALA

        # MENGERJAKAN = PAHALA
        TIDAK MENGERJAKAN = TIDAK DAPAT PAHALA

        # MENGERJAKAN = WAJIB
        TIDAK MENGERJAKAN = DOSA

        # MENGERJAKAN = SUNNAH
        TIDAK MENGERJAKAN = TIDAK BERDOSA

        # MENGERJAKAN = BOLEH
        TIDAK MENGERJAKAN = GAK APA-APA

        COBA LOE PAHAMI!..KALAU BEGITU AJE LOE GAK PAHAM, BAGAIMANA LOE BISA MEMAHAMI ALQURAN?..

        LOE BELUM BISA BACE ALQURAN, BAGAIMANA LOE MENGATAKAN ALQURAN ITU SULIT?…ARTINYA LOE BELUM PUNYA PENGALAMAN (KOSONG PENGALAMAN LOE)..COBA LOE TANYE AME ORANG-ORANG MUALLAF YANG BELAJAR ALQURAN…

        APAPUN YANG LOE PAHAMI, ITU NAMANYE DISEBUT TAFSIR, TETAPI LOE MENAFSIRKAN ALQURAN TANPA MEMILIKI DASAR ILMU SAMA SEKALI…PELAJARI DULULAH RUMUS DI ATAS DAN KALAU BISA LOE BERIKAN CONTOHNYA..

        WAALLAHU A’LAM..TERIMA KASIH

      • Ini komentar super jenius luar biasa, yang sudah bisa baca tulis dan main internetan :

        Allah swt jelaskan juga bahwa Yesus akan turun ke bumi ke dua kali sebagai tanda datangnya hari kiamat, ada di dalam alquran

        Tunjukkan ayatnya di AL QURAN YANG JELAS< RINCI DAN TIDAK ADA KERAGUAN DI DALAMNYA seperti yang kamu sebutkan!!!!!!!

        ————————————————————————

        Tidak ada satupun kalimat di dalam AL QURAN yang merujuk nama YESUS, ORANG YAHUDI, yang lahir tengah malam di di BETHLEHEM EFRATA, TANAH YUDEA!!!!!!
        Dasar tukang ngibul dan tipu tipu!!!!!!
        Buktikan dengan ayat AL QURANMU!!!!!!!!

      • SAW NABI BEJAD DR ARAB permalink

        SUPER JENIUS ISLAM hakkullah

        Alquran dengan sendirinya sudah jelas

  4. aneh si admin ini..admin, alquran ini bukan buku sejarah, tetapi buku pedoman dan buku mengatur kehidupan manusia..kalau buku sejarah, iya tentu ade tanggalnye, tahunnya kapan yesus itu lahir?….contoh: Alquran menceritakan Nabi Luth dengan kaumnya…kaumnya melakukan hubungan homoseksual, tetapi sayangnye di alkitab justru memperbolehkan memperkosa gadis..

    Silahkan baca hakim-hakim 19 di dalam bible anda:

    22 Tetapi sementara mereka menggembirakan hatinya, datanglah orang-orang kota itu, orang-orang dursila, mengepung rumah itu. Mereka menggedor-gedor pintu sambil berkata kepada orang tua, pemilik rumah itu: “Bawalah ke luar orang yang datang ke rumahmu itu, supaya kami pakai dia.”

    23 Lalu keluarlah pemilik rumah itu menemui mereka dan berkata kepada mereka: “Tidak, saudara-saudaraku, janganlah kiranya berbuat jahat; karena orang ini telah masuk ke rumahku, janganlah kamu berbuat noda.

    24 Tetapi ada anakku perempuan, yang masih perawan, dan juga gundik orang itu, baiklah kubawa keduanya ke luar; perkosalah mereka dan perbuatlah dengan mereka apa yang kamu pandang baik, tetapi terhadap orang ini janganlah kamu berbuat noda.”

    Bayangkan jika ada preman-preman datang kerumah anda, kemudian di suruh memperkosa anak perempuan anda? Aneh bin ajaib. Memang lucu-lucu cerita dalam bible ini. Salah satunya yang satu ini.

    Dan yang lebih aneh lagi Tuhannya Kristen tidak melarang tindakan Luth itu. Atau minimal menegurnya, namun Alkitab menyetujui tindakan pemerkosaan itu. Mungkin dimata Alkitab anak perempuan memang tidak ada harganya, yang bisa diperlakukan semaunya, dan mereka tidak ubahnya bagai properti. Bahkan di izinkan untuk menjual anak perempuan sebagai budak, seperti ayat berikut:

    Keluaran 21:7 Apabila ada seorang menjual anaknya yang perempuan sebagai budak, maka perempuan itu tidak boleh keluar seperti cara budak-budak lelaki keluar.

    apa-apaan ini sampai-sampai mereka lupa isi kandungan alkitab?..coba loe fikir apa hikmah perkataan di balik itu?….

    LOE MENGOREKSI ALQURAN TIDAK AKAN PERNAH HABIS-HABISNYA, TIDAK CUKUP MENGOREKSI ALQURAN 200 TAHUN..KAMI MENGOREKSI ALKITAB, TIDAK PERLU SEHARI, BAHKAN 1 JAM-PUN KAMI INSYA ALLAH BISA..BELUM LOE NUDUH PARA SHAHABAT, BELUM LAGI ISLAM BERKELOMPOK-KELOMPOK, POKOKNYE BANYAK SEKALI..

    YANG KITA INGIN AMBIL INTISARI ADALAH BAHWA HOMOSEKSUL SUDAH TERJADI PADA MASA NABI LUTH, DAN TERJADI LAGI PADA MASA SEKARANG..SEJARAH AKAN SELALU BERULANG-ULANG..

    SEKALI LAGI: “ALQURAN BUKANLAH BUKU SEJARAH, TETAPI BUKU PEDOMAN HIDUP..COBA LOE CEK ALKITAB, BAHKAN ALKITAB ANDA TIDAK SEGEN-SEGEN MEMFITNAH PARA NABI DENGAN CARA YANG KOTOR DAN MENJIJIKKAN..

    BUKALAH ALKITAB ANDA DAN JELASKAN KEPADA MEREKA…SEMUA TUDUHAN ORANG-ORANG KAFIR TERHADAP ALQURAN DAN HADITS BISA KAMI ATASI, INSYA ALLAH..

    AYOLAH, COBA ANDA PAHAMI RUMUS YANG AKU BUAT….

    WAALLAHU A’LAM..TERIMA KASIH

    • Artikel ini judulnya jelas : MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

      Apa juga hubungannya dengan kitab sebelah????!!!
      Lagian kitab sebelah kan PALSU ya…. masih juga dibawa bawa!!!!!!
      Memang orang SUPER JENIUS SEPERTI DIRIMU suka barang palsu ya???!!!!!

      aneh si admin ini..admin, alquran ini bukan buku sejarah, tetapi buku pedoman dan buku mengatur kehidupan manusia..kalau buku sejarah, iya tentu ade tanggalnye, tahunnya kapan yesus itu lahir?

      YUP, ADMINNYA MEMANG ANEH, seaneh anehnya ADMIN, tidak ada pengaruhnya dengan AL QURAN!!!!!
      AL quran itu bukan kitab sejarah, mana ada SEJARAHNYA LEBAH MADU MAKAN BUAH BUAHAN, tidak ada pula SEJARAHNYA BINTANG BINTANG UNTUK MENIMPUK SETAN, apalagi sejarah tentang LEGENDA TUJUH PENIDUR, itu kan cuma DONGENG!!!!!

      AL QURAN ITU BUKAN KITAB SEJARAH!!!! YA, AL QURAN ITU CUMA KITAB ABAL ABAL, isinya dongeng dan cerita cerita yang tak beraturan, diulang ulang seperti mantra mantra, karena pengarangnya memang seorang dukun!!!!

      YESUS DALAM AL QURAN???????!!!!!!!!
      Yesus orang ARAB YA?????!!!!!!!

      Kalau ABU LAHAB, pasti ada…… mungkin ABU GOSOK juga ada kali ya!!!!!!! Kalau YESUS SI ORANG YAHUDI, ya pasti ngga ada di AL QURAN, kan Al quran bukan KITAB SEJARAH!!!!! Al qurana itu kitab para JIN, kitab DUKUN DUKUN ….!!!!!

  5. andre permalink

    ngak akan mampu islam bertahan dengan tipu tipuannya dari buahnya kamu akan tau ajaran setan atau bukan…islam jelas dari setan karna setan raja penipu

  6. Mimie permalink

    Mau memahami al-quran harus menguasai 17 ilmu?Kurang bro. Nih ,tambahi satu ilmu lagi,ilmu pelintir merica….baru klop.

    • Ilmu ke :
      18. Tipu tipu
      19. Cocokmologi
      20. Pelintir merica

      Benar benar buku sakti mandraguna!!!!!

      • goa hira permalink

        SETIAP PEMBAHASAN ISLAM,QURAN DAN HADIST HARUS MENGUASAI ILMU
        21. azab sengsara
        22. muka tembok
        23. INJIL
        24. PAULUS
        25.GATAL KEPALA GARUK DI SELANGKANGAN

  7. goa hira permalink

    @kulloh
    kulloh…..test otak..test otak………… kurang maximal
    kulloh…..test otak..test otak………… kurang maximal
    kulloh…..test otak..test otak………… kurang maximal

    berhubung hasil test menunjukkan kurang maximal , maka saya bantu saudara hakulloh menjawab pertanyaan admin.

    pertanyan admin
    MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

    respon
    Memahami quran adalah hal yang MUDAH bagi kaum muslim , karena yang dibutuhkan untuk memahami quran hanya 17 ilmu pengetahuan. ( ingat !!!!! hanya 17). ingat admin, muslim sudah ditakdirkan menjadi super genius, sehingga menguasai 17 ilmu pengetahuan bukan perkara sulit bagi kami. tetapi bagi yang tidak super genius seperti orang kafir tentulah menjdi hal yang sulit.

    tentu kafir akan bertanya , apakah semua muslim sudah menguasai 17 ilmu pengetahuan tersebut ? jawabannya belum semua. makanya bagi yang belum menguasai cukup dengan menjawab UNTUKKU AGAMAKU, UNTUKMU AGAMAMU. sudah mendapat pahala.

    semoga bermanfaat bagi semua orang kafir.

    test…..test……test

  8. sebetulnye memahami alquran tidak sulit. yang sulit itu dirinya memang tidak mau berusaha untuk mempelajarinya..contoh: bagi kami tidak memiliki kesulitan dalam memahami keesaan ALlah swt. coba apa yang sulit?. gak ada kesulitan dalam memahami keesaan ALlah..kenapa Allah menurunkan alquran ini berbahasa arab, bukannya berbahasa lain, seperti bahasa indonesia, inggris atau bahasa turki?..ketika teliti, ternyata bahasa Arab memiliki keistimewaan daripada bahasa lain. kalau seandainya, alquran ini diturunkan berbahasa indonesia, pasti kita mengalami kesulitan dan sulit memecahkan permasalahan kita..
    Allah swt berfirman:
    ( 44 ) Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?” Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh”.

    Lalu apa yang mereka pahami?. Allah turunkan alquran berbahasa Arab untuk semua manusia, semua suku, semua bangsa. kalau seandainya alquran ini tidak disertai bahasa asli, apa yang terjadi pada mereka?..

    kita lihat ajaran kristen, Tuhan mereka saja mereka bingung, gak ade pendirian..

    yang kedua:
    kita membaca sebuah tafsir atau beberapa tafsir, karena kita mempercayai mereka, kalau mereka itu sudah menguasai semua ilmu yang berkaitan dengan alquran..

    si admin itu sangat bodoh sekali, gak bisa memahami apa yang dibahas..

    ane kasih urutannya: Allah – Jibril – Nabi Muhammad saw – Para Shahabat – Para Thabiin – Para Thabiin thabiin dan seterusnya sampai kepada kita..

    kita dapat dari mana?. dari ulama yang dapat dipercayai dan menguasai rijalul hadits..urutannya sampai kepada Rasulullah saw..misalkan: Ibnu Katsir dapat hadits dari Ulama Bukhari atau Muslim untuk bisa memahami alquran. dengan penguasaan hadits bukhari itu atau yang lain, dia bisa memahami alquran dengan baik..gak mungkin semua orang bisa menguasainya..Ulama masing-masing punya keahlian. ada Ulama hanya fokus pada masalah hadits saja, seperti Bukhari, muslim, Tirmizi dll. dan ada ulama hanya fokus pada tafsir saja.SEDANGKAN, KITA INI MEMPELAJARI TAFSIR MEREKA YANG SUDAH MENGUASAI SEMUA ILMU ITU.

    Jadi, satu sama lain saling melengkapi, sehingga sempurnalah ilmu memahami alquran. semua ulama tafsir merujuk kepada hadits-hadits Rasulullah saw dan mereka mendapat hadits dari ulama hadits.

    makanya, satu sama lain ada kemiripan dalam memahami alquran dan tidak jauh dari itu..semakin banyak mempelajari buku tafsir mereka, semakin banyak pula wawasan yang kita miliki, sehingga mudah menyampaikan dakwah kepada mereka..jadi, gak ade kesulitan dalam mempelajari alquran..

    PAK ADMIN INI GAK NGERTI, DIKIRAIN TIDAK BUTUH TAFSIR, CUKUP HANYA MEMBACA TERJEMAHAN ALQURAN SAJA..PADAHAL, PENERJEMAH SENDIRI JUGA SEKALIGUS MENAFSIRKAN ALQURAN (YANG DIA SENDIRI MENGUASAI ILMU-ILMU BAHASA ATAU ALQURAN)..

    PAK ADMIN INI GAK NYAMBUNG DAN GAK NGERTI DIJELASKAN OLEH TEMAN-TEMAN KAMI..MAU JELASIN KAI APAPUN, GAK AKAN PAHAM-PAHAM, IBARATNYA SEPERTI KITA NGOMONG AME BATU..

    INTINYA: PENAFSIRAN ALQURAN SAJAPUN DIPERMASALAHKAN. BAGAIMANA DENGAN ALKITAB?, APAKAH MEREKA TIDAK MEMPERMASALAHKAN JUGA?. SEMUA ITU MEREKA LUPAKAN..

    WAALLAHU A’LAM..TERIMA KASIH

    .

    • Lalu apa yang mereka pahami?. Allah turunkan alquran berbahasa Arab untuk semua manusia, semua suku, semua bangsa. kalau seandainya alquran ini tidak disertai bahasa asli, apa yang terjadi pada mereka?..

      kita lihat ajaran kristen, Tuhan mereka saja mereka bingung, gak ade pendirian..

      —————————————————————-
      By goa hira :

      SETIAP PEMBAHASAN ISLAM,QURAN DAN HADIST HARUS MENGUASAI ILMU
      21. azab sengsara
      22. muka tembok
      23. INJIL
      24. PAULUS
      25.GATAL KEPALA GARUK DI SELANGKANGAN

      26. Ajaran Kristen!!!!!!!!!!

      Luar biasa memang untuk mengerti Al quran, GAMPANG DIMENGERTI, asal menguasai 26 ILMU

      Jadi saya terima apa yang dikatakan HAKKULLAH :

      si admin itu sangat bodoh sekali, gak bisa memahami apa yang dibahas..

      Sejujurnya, saya tidak menguasai ILMU TIPU TIPU dan ILMU COCOKMOLOGI…………..
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok BINTANG BINTANG FUNGSINYA MENIMPUK SETAN!!!!!
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok LEBAH MADU MAKAN DURIAN!!!!!
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok BUMI DATAR SEPERTI PERMADANI DIBENTANGKAN!!!!!
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok PETIR ADALAH SUARA MALAIKAT YANG BERTASBIH!!!!!
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok LEGENDA TUJUH PENIDUR JADI WAHYU SUCI!!!!!
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok ALEXANDER YANG AGUNG JADI NABI SUCI!!!!!
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok PENIPU, PENCABUL, PERAMPOK, PEMBUNUH, BIADAB, BARBAR dan BANGSAT JADI CONTOH BERBUDI AGUNG DAN BERAHKLAK MULIA!!!!!
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok ADA YANG MENUNJUK KALAU BISA MENCIUM SEONGGOK BATU HITAM BERBENTUK VAGINA SAMBIL MENYEBUT KAMI DATANG PADAMU YA ALLOW!!!!!
      Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok BUTA HURUF DIJADIKAN SURI TELADAN SEMPURNA!!!!!

      Satu satunya kepintaran saya, cuma mampu mengatakan para SLIMERS pastilah SUPER JENIUS LUAR BIASA, karena sudah menguasai 26 ilmu untuk memahami AL QURAN…… seharusnya masih ada tambhan:
      27. Ilmu menuduh orang lain bodoh!!!!!

    • Hakkullah yang baik budi, rajin menabung dan tidak sombong, tentunya karena sudah bisa bac atulis dan main interentan, otomatis SUPER JENIUS LUAR BIASA, kan suri teladan sempurnanya hanyalah si cabul BUTA HURUF SAW yang TIDAK BISA MEMBACA!!!!

      sebetulnye memahami alquran tidak sulit. yang sulit itu dirinya memang tidak mau berusaha untuk mempelajarinya..contoh: bagi kami tidak memiliki kesulitan dalam memahami keesaan ALlah swt. coba apa yang sulit?. gak ada kesulitan dalam memahami keesaan ALlah..kenapa Allah menurunkan alquran ini berbahasa arab, bukannya berbahasa lain, seperti bahasa indonesia, inggris atau bahasa turki?..ketika teliti, ternyata bahasa Arab memiliki keistimewaan daripada bahasa lain. kalau seandainya, alquran ini diturunkan berbahasa indonesia, pasti kita mengalami kesulitan dan sulit memecahkan permasalahan kita..

      Memahami AL QURAN memang tidak sulit, HARUS MENGERTI 27 ilmu, 17 diantaranya wajib dan yang 10 tambahan!!!!!

      Ngga ada kesulitan memahami keesaan ALLOW SWT, jelas bahwa ALLOW SWT adalah DZAT TAUHID, SATU SATUNYA, seonggok batu hitam berbentuk vagina, yang setiap orang berhaji wajib mengatakan “KAMI DATANG PADAMU YA ALLOW” sambil menunjuk kalau bisa mencium sembahan ABDULLAH dan NENEK MOYANGNYA, yang menjadi tuhan negeri Mekah dan berumah di Kahbah!!!!!

      Mengapa Al quran memakai bahasa arab?
      Agar semua orang di muka bumi ini mengerti apa yang dimaksutkan Kaf, Ha, Ya, ‘Ayn, Sad.
      Artinya : hanya ALLOW SWT, IBLIS dan SETAN SETAN yang mengerti bagaimana caranya menyesatkan orang orang yang belum tersesat!!!!!!!!

      Kalau HAKKULLLAH dan para muslim sekalian, pastilah mengerti maksut dan arti Kaf, Ha, Ya, ‘Ayn, Sad., karena mereka mereka yang sudah tersesat adalah anggota GENG PENYESAT dan tidak perlu untuk disesatkan oleh ALLOW SWT, IBLIS dan SETAN SETAN!!!!!

      Itulah istimewanya BAHASA ARAB, bahasa SUCI yang hanya dimengerti oleh ALLOW SWT, IBLIS dan SETAN SETAN dan turunan Adam serta turunan IBLIS dalam uhkuwah islamiah, contohnya arti Kaf, Ha, Ya, ‘Ayn, Sad. memang tidak mungkin diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris…. kecuali bahasa SANG PENYESAT saja, tiga serangkai ALLOW SWT, IBLIS dan SETAN SETAN!!!!!

      • Anda ini kurang paham, ye?..ane sendiri gak mengalami kesulitan..kalau anda gak percaya, tanyakan saja kepada para muallaf?..tidak ada kesulitan dalam mempelajari alquran..gak ada kesulitan…dalam seminggu aja, Banyak orang muallaf langsung bisa baca alquran..mungkin saje, bagi anda gak mungkin alias mustahil..

        anda ingin alquran menjabarkan secara terperinci dan detail, kalau misalkan alquran tebelnye setebel Hadits Rasulullah, belum tentu mereka membacanye, yang ade pusing..alquran ini ringkas dan padat agar mereka dapat mempelajari dengan mudah…

        Cara Memahami alquran, silahkan anda klik dan mempelajarinya: http://belajarislam.com/bagaimana-cara-memahami-alquran/

        coba anda buka alquran surat 54 ayat 22:
        di situ tertulis lidzdzikri, maknanye adalah “peringatan”, tetapi penerjemah mengartikan “Pelajaran”..makna yang terkandung adalah:mudah diingat dan mudah dihafal, apanya yang mudah diingat dan dihafal?. “peringatan”, apakah itu haram, apakah itu halal?, apa itu larangan dan apa itu perintah?…jadi, gak ada kesulitan memprateknye dan mempelajarinya..beda dengan alkitab..alkitab bahasa indonesia, tetapi belum tentu mereka memahami isi kandungan alkitab….

        PERTANYAAN: ADAKAH KITAB-KITAB AGAMA YANG ADA DI MUKA BUMI SETERA ATAU SEDERAJAT DENGAN ALQURAN?..TUNJUKKAN SAJA BUKTINYA, JIKA ANDA MAU MENDAKWAHI ORANG LAIN..

        ATAU ADAKAH ORANG-ORANG MURTAD YANG BISA MEMBERIKAN ALASAN YANG MASUK DIAKAL, KENAPA MEREKA MURTAD?..

        AYOLAH BERFIKIR, KATANYE, KRISTEN ITU DIAJARKAN CINTA KASIH ATAU SAYANG KEPADA MANUSIA..

        WAALLAHU A’LAM..TERIMA KASIH

  9. Mimie permalink

    Yang paling mudah untuk memahami al-quran adalah belajar ilmu pelintir merica…
    Cukup menyebut bismillah….dan undang jin2 yang sudah diislamkan untuk melantunkan
    kenapa bumi itu datar
    kenapa lebah makan apel
    kenapa suara malaikat seperti halilintar
    kenapa awloh swt tak punya istri…………….
    Inilah sebagian perkataan yang dimegerti oleh jin muslim.
    Silahkan kontak dengan ulama yang memiliki jin.

    • gue sudah jawab semuanya, gak ade yang nanggap pembicaraannya..loe bilang, suara malaikat seperti helilintar. itu pemahaman siapa?..pemahaman orang-orang kafir, bukan pemahaman orang-0rang muslim..Allah swt jawab di dalam alquran:
      ( 1 ) Telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

      Helilintar itu bukan suara malaikat bu Mimie. tetapi bertasbih, seperti diungkapkan Allah di dalam alquran:
      Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dia-lah Tuhan Yang Maha keras siksa-Nya. (QS. Ar-Ra’d [13]: 13).

      Makanye, mereka memuji Allah karena seking takut kepada-Nya..suara helilintar bukan suara malaikat.jadi, ayat itu dipahami oleh orang-orang kafir (bahwa: helilintar suara malaikat) bukan yang dipahami orang-orang muslim..ketika petir menyambar kepada kita, maka kita juga rasa takut sebagaimana malaikat juga takut, doanya seperti ini:
      سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ
      “Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya”..masalah itu aje, kita perlu dibimbing, bagaiman dengan ajaran kristen?.wow, tidak ada ajaran seperti itu..

      loe bilang: kenapa bumi datar?. bumi datar itu pemahaman siapa?..itu pemahaman orang-orang kafir bukan pemahaman orang-orang muslim..Allah swt tidak mengatakan datar, tetapi menghamparkan.di jawab Allah swt:
      ( 19 ) Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.
      di ayat tersebut tidak ada bumi yang dihampar pada bumi tertentu, tetapi bumi secara mutlak..jika kita berada suatu tempat, maka kita akan melihat, kalau itu datar saja (Apakah bumi itu bulat ataupun datar?). orang astronot melihat kalau bumi itu bulat, kenyataannya kita berjalan seperti datar, tidak sperti berjalan mengililingi bumi. inilah maknanya madda..
      madda “melintangkan,meluaskan, menghamparkan (bukan bentuk bulat atau juga bukan datar). Allah menghamparkan bumi, bukan dimaknai bahwa bumi itu datar, kecuali bumi itu hancur, lalu dihamparkan kembali, didalamnya: tidak ada gunung, tidak ada rumah, semua rata. di sana juga gak ada matahari, bulan…

      Loe bilang kenapa Allah tidak punya isteri?. pemahaman siapa itu?. pemahaman orang-orang kafir.
      Allah swt berfirman:
      ( 101 ) Dia Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai isteri. Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu.

      maksudnya adalah orang-orang kafir musyrik menganggap Allah itu punya anak laki-laki, di dasari ayat sebelumnya:
      ( 100 ) Dan mereka (orang-orang musyrik) menjadikan jin itu sekutu bagi Allah, padahal Allah-lah yang menciptakan jin-jin itu, dan mereka membohong (dengan mengatakan): “Bahwasanya Allah mempunyai anak laki-laki dan perempuan”, tanpa (berdasar) ilmu pengetahuan. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari sifat-sifat yang mereka berikan.

      lalu Allah menjelaskan dengan rasional dan bantahan kepada mereka, yaitu dijawab pada ayat 101..

      ORANG-ORANG KAFIR HANYA MEMAHAMI KONSTEKSTUAL, BUKAN DILIHAT DARI PERMASALAHAN..BAGAIMANA DENGAN ALKITAB?. APAKAH MUNGKIN YESUS ITU TUHAN?..DI JAWAB ALLAH SWT:

      ( 3 ) Dia tiada beranak (melahirkan) dan tidak pula diperanakkan (dilahirkan),

      maksudnya:
      1. yang melahirkan, itu namanye bukan tuhan
      2. yang dilahirkan, itu namanye bukan tuhan

      siapapun yang melahirkan dan dilahirkan maka dia bukan tuhan..

      Yesus itu dilahirkan oleh siti Maryam, jadi: yesus itu bukan tuhan..bagaimana mungkin yesus itu tuhan?. semua orang sudah tauhu, kalau yesus itu dilahirkan bukan secara tiba-tiba..

      pemahaman orang-orang kafir dengan orang-orang muslim beda, misalkan:
      roh kudus
      orang-orang kafir dianggap roh kudus itu adalah tuhan atau Allah
      orang-orang muslim, roh kudus adalah Malaikat Jibril..jadi, yang datang itu bukan tuhan, tetapi malaikat Jibril..

      Tuhan yang benar itu tidak dinampakkan sama sekali, di jawab oleh Allah:
      tidak ada yang serupa suatu apapun dengan-Nya..loe lihat yesus yang ade tiang gantungan, apakah mungkin dia itu tuhan?..

      apakah anda tidak menggunakan rasional anda sendiri?..waallahu a’lam..terima kasih

      • goa hira permalink

        @ MIMIE
        ITULAH JAWABAN SI KULLOH, SETELAH KONTAKAN DENGAN ULAMA YANG PUNYA JIN ( JINNYA 100 % MUSLIM)

      • PETIR ADALAH SUARA MALAIKAT YANG BERTASBIH

        Surah Ar Ra’du 13:13: “Dan guruh bertasbih memuji Allah, dan para malaikat bertasbih karena takut kepadaNya. Allah mengirim petir lalu menimpakannya kepada siapa yang dikehendakiNya, sedang mereka membantah tentang Allah, dan Dialah yang sangat keras siksaNya.”

        Al-Baidawi berkata, “Ibnu Abbas melaporkan bahwa sang Nabi ditanyai mengenai petir. Jawabnya, ‘Itu adalah malaikat yang diberi kuasa terhadap awan.
        Dia telah melilitkan balutan api yang sekalian mengendarai awan dan para malaikat, dengan rasa gentar terhadap Allah.’

        Pendapat lain berkata bahwa kata depan ‘Nya’ di ayat itu mengacu pada petir itu sendiri.” Al-Tirmidhi mengutip Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa “Orang-orang Yahudi datang pada Muhammad dan berkata, ‘Ceritakan pada kami tentang petir. Apakah itu?” Ia menjawab: ‘Salah satu malaikat yang diwenangkan kepada awan. Dia melilitkan balutan api berkendaraan awan sesuai dengan kehendak Allah.’ Mereka bertanya, ‘Suara yang terdengar itu sesungguhnya apa?’ Dia berkata, ‘Itu adalah tegurannya kepada awan, dimana mereka harus berhenti ketika diperintahkan bagi mereka.’

        Kata mereka, ‘Kau telah mengatakan kebenaran!’”

        Memang PARA YAHUDI YANG CERDAS itu selalu mengolok olok MUHAMMAD dan MUHAMMAD ADALAH BAHAN TERTAWAAN SEPANJANG MASA!!!!!!
        DASAR YAHUDI, BENER BENER menggemaskan, sampai sampai ALLOW SWT mengutuki mereka jadi BABI DAN MONYET!!!!!!!

        Yahudi bertanya kepada MAMAD : ‘Ceritakan pada kami tentang petir. Apakah itu?
        Mamad bilang : ‘Salah satu malaikat yang diwenangkan kepada awan. Dia melilitkan balutan api berkendaraan awan sesuai dengan kehendak Allah.’

        Yahudi tanya lagi : Suara yang terdengar itu sesungguhnya apa?
        Mamad si BUTA HURUF SAW pun menjawab dengan PASTI : ‘Itu adalah tegurannya kepada awan, dimana mereka harus berhenti ketika diperintahkan bagi mereka.’

        Dasar YAHUDI, sambil menahan tawa, mereka bilang ke MAMAD : ‘Kau telah mengatakan kebenaran!’

        ALLOW SWT memang PINTAR LUAR BIASA, dibuktikan dengan KETERANGAN dari NABI/RASUL nya yang mulia, saking mulianya ALLOW SWT pun bersyalawat kepadanya.
        Datang kutu kumpret yang belagak melebihi suri teladan sempurnanya, malu mengakui bahwa PETIR ADALAH SUARA MALAIKAT!!!!!

        Itu namanya ILMU APA HAKKULLAH, sampai kamu bisa dengan gampang memahami AL QURAN??????!!!!!!

      • goa hira permalink

        @ KULLOH
        PADA SAAT PETIR BERTASBIH MEMUJI ALLOH, PETIR JUGA BERTASBIH MENYAMBAR ORANG SAMPAI MATI

  10. goa hira permalink

    @KULLOH
    BACA TULISANMU
    Anda ini kurang paham, ye?..ane sendiri gak mengalami kesulitan..kalau anda gak percaya, tanyakan saja kepada para muallaf?
    =====================================
    TIDAK HERAN HAKULLOH…. KAN SUPER INGUS

    ..tidak ada kesulitan dalam mempelajari alquran..gak ada kesulitan…dalam seminggu aja, Banyak orang muallaf langsung bisa baca alquran..mungkin saje, bagi anda gak mungkin alias mustahil..
    ================================
    PERTANYANNYA ” MUDAHKAH MEMAHAMI QURAN ?
    JAWABAN SUPER INGUS : DALAM SEMINGGU BANYAK MUALAF BISA LANGSUNG BACA QURAN.

    PERTANYAAN: ADAKAH KITAB-KITAB AGAMA YANG ADA DI MUKA BUMI SETERA ATAU SEDERAJAT DENGAN ALQURAN?..TUNJUKKAN SAJA BUKTINYA, JIKA ANDA MAU MENDAKWAHI ORANG LAIN..
    ==================================
    buku yang setara atau yang sederajat dengan quran sangat sulit bung super ingus, karena buku yang mencatat lebah makan buah buahan akan jadi bahan tertawaan sampai hari ini, tentunya nggak ada yang setara bos, kalau diatasnya banyak sekali, contohnya: harry porter, kuhp

    ATAU ADAKAH ORANG-ORANG MURTAD YANG BISA MEMBERIKAN ALASAN YANG MASUK DIAKAL, KENAPA MEREKA MURTAD?.
    ================================================
    karena orang murtad sadar, orang yang menyetubuhi gadis berumur 9 tahun, dan tega berbohong pada istrinya supaya ada waktu ngembat pembantunya tidak mungkin seorang nabi

    AYOLAH BERFIKIR, KATANYE, KRISTEN ITU DIAJARKAN CINTA KASIH ATAU SAYANG KEPADA MANUSIA..
    ========================
    karena kita sayang makanya diberitahukan, supaya kamu jangan tetap super ingus

    • Komentar aje semau loe aje..kan loe paling hebat..di sini hanya mengajak loe berfikir..yang namanye menghujat siapapun juga bisa..gue kasih dalil apapun juga gak akan paham…silahkan loe komentar aje yang loe anggap gak rasional..loe gak perlu bace alkitab lagi, kan alkitab sudah gak pake lagi…ntar kalau gue jelasin, loe tinggal komentar aje..gue gak bisa jawab komentar loe..waallahu a’lam..

  11. goa hira permalink

    KULLLO
    ADMIN : mudahkah memahami quran ?
    kulloh : Mualaf yang baru seminggu sudah bisa baca quran.
    kafir : apakah sama memahami dan bisa membaca kulloh ?
    kulloh : KITA BERBEDA KEYAKINAN,UNTUKKU AGAMAKU,UNTUKMU AGAMAMU
    muslim : jawaban kulloh sungguh super ingus.

  12. Pak admin, teman loe si goa hira gak ngerti ape-ape..gue menghadapi orang yang tidak berpegang dengan alkitab lebih sulit daripada orang yang memegang alkitab..orang murtad bukan gara-gara beliau saw menikah dengan Aisyah atau gara-gara melihat hadits bahwa rambut terbelah 7 lapis..itu bukan alasan orang-orang murtad, sebab mereka sendiri sudah tahu, bahwa Islam itulah yang benar..pada hakikatnya, bukan pada prilaku muslim yang tidak sesuai aturan islam atau melakukan suatu tindakan kriminal, lalu karena alasan itu, mereka keluar dari agama islam, padahal mereka sendiri tahu hal kebenaran. dijawab oleh Allah swt:
    ( 42 ) Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.

    itu hanya cuma alasan mereka saja, padahal mereka tahu hal kebenaran hakiki..lalu mereka menghalangi jalan Allah setelah mereka beriman, dijawab oleh Allah swt:
    ( 9 ) Mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan itu.

    MEREKA KELUAR DARI AGAMA ISLAM BUKAN KARENA TINDAKAN PRILAKU MUSLIMIN ATAU KARENA ALASAN AISYAH MENIKAH BERUSIA 9 TAHUN..KARENA NAFSU INILAH, MEREKA RELA DIMASUKKAN KE NERAKA JAHANNAM..

    Kesimpulan: si admin dan kawan-kawannya bodoh atau masih jahil..mase loe jabarin artikel loe, tiba-tiba masuk kristen..loe jabarin kai apapun, itu gak akan membuat ummat islam keluar dari agamanya..zaman beliau saw semacam orang murtad banyak..itu bukan karena islam salah, tetapi mereka gak mau meninggalkan dunianya alias sifat gengsi atau sombong..

    teman loe itu memberikan alasan yang gak masuk akal..loe tanye ame orang-orang muallaf, kenapa loe masuk islam?. pasti jawabnye: gue bingung ame tuhan gue di dalam alkitab..

    • Pak admin, teman loe si goa hira gak ngerti ape-ape..

      Ngadunya kok ke Admin…. bukannya Admin berkali kali kamu bilang BODOH???!!!!!
      Cuma SUPER JENIUS LUAR BIASA yang ngadu sama orang BODOH karena ada orang lain tidak tahu apa apa!!!!!!!

      gue menghadapi orang yang tidak berpegang dengan alkitab lebih sulit daripada orang yang memegang alkitab..

      Kamu cocoknya ngadapin JIN, KUNTILANAK, GONDORUWO dll….. kan seuhkuwah islamiah!!!!!

      orang murtad bukan gara-gara beliau saw menikah dengan Aisyah atau gara-gara melihat hadits bahwa rambut terbelah 7 lapis..itu bukan alasan orang-orang murtad, sebab mereka sendiri sudah tahu, bahwa Islam itulah yang benar..

      Yang murtad memang benar benar sudah tahu bahwa ISLAM PASTI BENAR, kalau islam salah, pastilah mereka ngga murtad!!!!!

      pada hakikatnya, bukan pada prilaku muslim yang tidak sesuai aturan islam atau melakukan suatu tindakan kriminal, lalu karena alasan itu, mereka keluar dari agama islam, padahal mereka sendiri tahu hal kebenaran. dijawab oleh Allah swt:
      ( 42 ) Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.

      Cuma MUSLIM YANG MENGERTI Kaf, Ha, Ya, ‘Ayn, Sad, artinya : sesungguhnya TERORIST itu tindakan kriminal, JIHAD adalah ridho ALLOW SWT, diperkenankan merampok dan membunuh, karena sesungguhnya HARTA RAMPOKAN MILIK ALLOW SWT!!!!! Hal tersebut sudah dicontohkan oleh si cabul BUTA HURUF SAW, yang merampok dan membunuhi orang orang untuk menguasai harta bendanya, termasuk MENYODOK WANITA yang bapak, sanak keluarga dan SUAMINYA dibunuh pada hari yang sama!!!!!

      itu hanya cuma alasan mereka saja, padahal mereka tahu hal kebenaran hakiki..lalu mereka menghalangi jalan Allah setelah mereka beriman, dijawab oleh Allah swt:
      ( 9 ) Mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan itu.

      Yoi… ayat ayat ALLOW SWT harus ditukar dengan HARGA YANG BANYAK!!!!!!

      MEREKA KELUAR DARI AGAMA ISLAM BUKAN KARENA TINDAKAN PRILAKU MUSLIMIN ATAU KARENA ALASAN AISYAH MENIKAH BERUSIA 9 TAHUN..KARENA NAFSU INILAH, MEREKA RELA DIMASUKKAN KE NERAKA JAHANNAM..

      Yoi…. yang keluar dari ISLAM karena BODOH dan TOLOL, mereka ngga t ahu kalau BINTANG BINTANG digunakan untuk menimpuk setan dan mereka ngga percaya ada lebah madu MAKAN DURIAN!!!!!

      Kesimpulan: si admin dan kawan-kawannya bodoh atau masih jahil..mase loe jabarin artikel loe, tiba-tiba masuk kristen..loe jabarin kai apapun, itu gak akan membuat ummat islam keluar dari agamanya..zaman beliau saw semacam orang murtad banyak..itu bukan karena islam salah, tetapi mereka gak mau meninggalkan dunianya alias sifat gengsi atau sombong..

      Yoi… ADMIN BODOH DAN TOLOL, yang pinter pinter pasti MASUK ISLAM. Buktinya JIN keturunan IBLIS pada masuk islam, gitu dengar bacaan AL QURAN!!!!! JIN kan pinter pinter, sepinter ALLOW SWT, SANG PENYESAT, PENIPU ULUNG, KHAIRUL MAKARIN!!!!!
      Pokoknya yang PINTER PINTER dengan 17 macam ilmu plus ilmu tipu tipu, ilmu cocokmologi, ilmu pelintir merica, ilmu selangkangan dan ilmu ilmu lainnya yang sesuai dengan AYAT AYAT ALLOW SWT, PASTI MASUK ISLAM!!!!!

      teman loe itu memberikan alasan yang gak masuk akal..loe tanye ame orang-orang muallaf, kenapa loe masuk islam?. pasti jawabnye: gue bingung ame tuhan gue di dalam alkitab..

      YOI…. satu satunya yang masuk akal adalah SEORANG BANDOT TUA tega teganya MENIPU istri sendiri dan MENCABULI perempuan lain dirangjang istrinya sendiri adalah contoh BERBUDI AGUNG dan BERAHKLAK MULIA!!!!!!
      PALING MASUK AKAL, orang seperti HAKKUKLAH, yang sudah bisa baca tulis dan main internetan adalah SUPER JENIUS LUAR BIASA, karena suri teladan sempurnanya hanyalah si cabul BUTA HURUF SAW yang tidak bisa membaca!!!!!!

      Apakah MASUK AKAL, ORANG SUPER JENIUS LUAR BIASA keluar dari ISLAM?????!!!!!!!
      Yang masuk akal, ORANG BODOH dan TOLOL, yang ngga percaya TIPU TIPU ala dukun Arab, pasti keluar dari ISLAM!!!!!!
      Yang nunjuk nunjuk, kalau bisa MENCIUM DZAT TAUHID, SEONGGOK BATU HITAM BERBENTUK VAGINA, sambil mengatakan KAMI DATANG PADAMU YA ALLOW, pastilah ORANG ORANG PINTAR, dan mereka pasti paham : BAGAIMANA ALLOW SWT PUNYA ANAK, SEDANG DIA TIDAK PUNYA ISTRI!!!!!!
      Yang BODOH dan TOLOL ngga akan paham, BATU HITAM BERBENTUK VAGINA, yang ditunjuk tunjuk kalau bisa dicium sambil mengucapkan KAMI DATANG PADAMU YA ALLOW, adalah tuhan negeri mekah yang berumah di kahbah TIDAK PUNYA ANAK KARENA TIDAK PUNYA ISTRI!!!!!

      YANG MASUK ISLAM BINGUNG SAMA TUHANNYA, karena Tuhan kok punya anak….. padahal sudah jelas, ALLOW SWT NGGA MUNGKIN PUNYA ANAK, KARENA TIDAK PUNYA ISTRI!!!!!!
      Yang masuk ISLAM pasti paham, DZAT TAUHID, SEONGGOK BATU HITAM BERBENTUK VAGINA, TUHAN NEGERI MEKAH yang BERUMAH DI KAHBAH, sembahan ABDULLAH DAN NENEK MOYANGNYA, yang bernama ALLOW ………………. NGGA MUNGKIN PUNYA ISTRI!!!!!!

    • JANGAN GITU AH permalink

      Hakullah menulis:
      ( 42 ) Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.

      hehehe…nyatanya si Hakulloh mencampur aduk antara yang haq dan bathil…

      Lebah makan buah adalah ucapan yang bathil, namun karena si bodoh Muhammad mengatakannya, si Hakulloh menyembunyikan yang haq yaitu bahwa Lebah makan nektar!

      Petir adalah Malaikat, merupakan ucapan bathil sebab malaikat tidak dapat diserupakan dengan apapun sama seperti si Allow yang tidak dapat diserupakan dengan apa pun. Tetapi karena Muhammad yang mengatakannya, maka si Hakulloh menyembunyikan yang haq, yaitu petir adalah muatan listrik yang mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah di muka bumi.

      Sesungguhnya telah kafir lah si Hakulloh karena menyembunyikan yang haq dan lebih yakin pada si Bathil Muhammad….

  13. Aku teringat dengan ayat Allah bahwa orang-orang yahudi dan nashara tidak akan ikhlas terhadap ummat islam, kecuali sampai mereka mau menerima dan mengakui millah mereka. Artinya: walaupun mereka tidak masuk ke agama mreka (yahudi ataupun nashrani), setidaknya mereka mengakui agama mereka atau ajaran mereka ataupun mengikuti keinginan mereka..seperti, mengatakan: semua agama sama..walaupun dihati orang kafir tidak menyetujui hal itu, mereka tetap senang ucapan mereka..banyak sekali fakta-faktanya yang kita lihat sekarang ini..malahan aliran syiah dijadikan rujukan mereka, kalau alquran telah diubah, padahal mereka tidak tahu, bahwa hanya satu golongan yang bisa selamat dan menuju surga, lalu seorang shahabat beliau saw sangat takut, jangan-jangan aku termasuk bukan golongan yang selamat..
    Allah swt berfirman:
    “Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mu’min. Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali” [An-Nisa : 115]

    Sesungguhnya orang-orang Jahiliyah dahulu bercerai-berai di dalam urusan agama mereka,
    Sebagimana Allah swt berfirman “Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang
    ada pada golongan mereka”(Ar Rum ayat 32)
    Anda bace ayat alquran satu persatu, lalu anda koreksi apa yang loe inginkan, pasti gak akan pernah habis-habisnya. Bagi kami kan gak perlu ngoreksi alkitab banyak-banyak, cukup hanya satu judul saje. Gak perlu 10 judul ataupun 100 judul..toh, mereka sendiri gak bisa menjelaskan. Paling mereka katakan: tuh bace judul di atas.
    Loe itu kurang berpengalaman dan kurang ilmu pengetahuan. Perhatikan baik-baik, kenapa mereka masuk islam? Dan kenapa mereka murtad?. Apa loe fikir, mereka orang-orang murtad gak tahu bahwa islam itu benar?…lalu loe berfikir, di sebabkan dalil ayat alquran inilah mereka menjadi murtad atau dengan hadits inilah mereka menjadi murtad..sama sekali, bukan itulah alasan mereka, tetapi hanya saja mereka tidak tahan dengan kemiskinan mereka atau ujian yang diberikan oleh Allah kepada mereka atau tidak mau jabatan mereka hilang..itulah yang menyebabkan mereka murtad alias keluar dari islam…contoh: yang menyebabkan runtuhnya Andalusia, adalah disebabkan ulama fiqih pada masa itu tergoda dengan kemewahan dan penguasa menjanjikan dia berkedudukan tinggi..di sini jelas, yang menyebabkan murtad itu adalah memilih kesenangan dunia daripada akhirat, bukan disebabkan ayat itu dan ayat ini atau Nabi Muhammad saw melakukan ini dan itu. Sama sekali bukan itu, tetapi ditawarkan dengan jabatan atau kedudukan atau harta..
    Loe tahu arti “Abu Jahal”?…saya hanya membuka jalan fikiran anda saja…selebihnya, anda cari saje informasi yang sebenarnya, kira-kira apa yang menyebabkan orang-orang itu murtad?..OMONG KOSONG, KALAU ORANG MENGATAKAN: AKU KELUAR DARI AGAMA ISLAM, KARENA KAMI MEMERINTAHKAN MEBUNUH ORANG-ORANG KAFIR ATAU KAMI MENDENGAR HADITS BAHWA SIRATH ITU SEPERTI RAMBUT DIBELAH 7 LAPIS ATAU ALASAN YANG TIDAK MASUK AKAL APA LAGI YANG INGIN MEREKA KATAKAN..

    WAALLAHU A’LAM..TERIMA KASIH

    • Mimie permalink

      Kira2 apa yang membuat orang murtad?Saya gak mikirin muhammad dengan aisyah atau berapa banyak istrinya. Semakin saya menekuni islam saya semakin ketakutan, masak sih awloh menciptakan jin2 dan bekerja sama jin untuk menyesatkan siapa yang dikehendaki,baik kafir atau muslim. Apalagi para ulama, kyai yang memelihara jin2,malah bisa diperjual belikan.
      Eh, seram pisan, Satu hal lagi, katanya tanah suci, yang berhaji kesana wajib jumroh alias menimpuki setan2….kok aneh .

      • masak sih awloh menciptakan jin2 dan bekerja sama jin untuk menyesatkan siapa yang dikehendaki,baik kafir atau muslim.

        Yang pasti Allow swt baik sendirian, bekerjasama dengan IBLIS maupun mengirimkan setan setan; MENYESATKAN mereka yang belum tersesat.
        Yang sudah tersesat tidak perlu disesatkan.

        Apakah muslim termasuk sesat?

        Menurut pendapat saya, yang muslim tidak akan disesatkan.

      • @Bu Mimi dan kawan-kawanya….
        Itu artinya anda kurang paham, sebab anda belajar sendiri tanpa bantuan orang lain yang menjelaskan anda…sebab orang yang belajar sendiri, mudah sekali mengartikan yang salah, pada akhirnya sesat dirinya sendiri..contoh: ade seorang sufi, karena dia belajar sendiri akhirnya dia mengatakan akulah tuhan, maksudnya dia: tuhan ada di dalam dirinya, karena setiap tempat ade tuhan dan pada akhirnya salah diartikan..belajar sendiri itu hati-hati..di dunia ini,kan banyak sekali mengaku-ngaku dirinya nabi.

        ————————–
        ———————–

        Bu mimi, kalau aq tanye ame elo. yesus itu tuhan atau bukan?….apakah anda tahu atau tidak tahu tentang hal itu?…siapa sich yang menolak kehendak Tuhan Yang Maha Kuat?..kalaupun Istri Nabi Banyak bahkan sampai 100 istri, apakah patut bagi kami menolaknya?. contoh: Nabi Daud, berapakah isteri beliau as?. Nabi Musa, berapakah Isteri beliau as?, Nabi Ibrahim, berapakah isteri beliau as?. gak ade ummat yang menolaknya ataupun dipermasalahkan..apakah elo sudah tahu sejarahnya?..sebelum Nabi Muhammad saw diutus, berapakah isteri-isteri sebelum beliau saw?. ada yang 10,8 bahkan berapapun isteri mereka yang dimiliki..kenapa masa beliau saw tidak ada yang protes tentang hal itu?..

        Sebelum beliau saw diutus dan sebelum Khadijah ra wafat, beliaulah suami yang setia dan cukup hanya satu isteri, padahal disekitar beliau saw banyak orang yang memiliki wanita dan isteri..lalu, fikiran orang-orang kafir sekarang ini bermacam-macam fikiran atau buruk sangka kepada beliau saw, ntah tuh, mereka mengatakan beliau saw takut dengan isterinya atau apalah..

        LALU BAGAIMANA TUHAN ANDA BERKUASA TERHADAP NABI MUHAMMAD SAW?. LALU DI MANA TUHAN ANDA?..

        KITA LIHAT SEJARAHNYA, MANA ADA ORANG-ORANG KAFIR BERKUASA MENJADI DAMAI DUNIA INI..BAHKAN SALAH SEORANG AHLI SEJARAN HON-MUSLIM MENGAKUI BAHWA HANYA ISLAMLAH YANG BERHAK MENGUASAI DUNIA..DENGAN ADANYA PEMIMPIN ISLAM YANG SHALEH PASTI DIJAMIN AMAN DAN TENTRAM..SEBAB, UNDANG-UNDANGNYE YANG DIBUAT OLEH ALLAH SWT BUKAN MANUSIA..

        JADI, MURTAD ITU BUKANLAH FAKTOR KARENA HAL INI DAN HAL ITU. TETAPI KARENA FAKTOR HIDAYAH..

        YANG TERAKHIR BU MIMI..KITA BUKAN MENGIKUTI ULAMA ATAUPUN KYAI, TETAPI KITA HANYA MENGIKUTI ALLAH DAN RASUL-NYA..ADAPUN ULAMA MELAKUKAN ITU, MAKA AKAN TETAP DIPERTANGGUNG JAWABKAN DIHADAPAN ALLAH SWT..JADI, GAK USAH RIBET-RIBET. ITU URUSAN MEREKA DENGAN ALLAH NANTI..YANG JELAS, ALLAH HANYA MENILAI HATI MANUSIA BUKAN DINILAI DARI SIFAT DZAHIRNYE..

        “SESUNGGUHNYA YANG PALING MULIA DI SISI ALLAH ADALAH ORANG YANG PALING BERTAKWA DI SISI ALLAH”. JADI, KETAKWAAN ITU BUKAN DINILAI BAHWA MEREKA ITU ULAMA, ATAU KYAI, PEJABAT ATAU KETURUNAN NABI..BISA JADI ORANG YANG DIPANDANG RENDAH ITU MNJADI MULIA DAN TERHORMAT DIHADAPAN ALLAH SWT..

        CONTOH: ALQAIS, BELIAU ADALAH SEORANG THABIIN, TETAPI BELIAU BUKAN SEORANG SHAHABAT DAN JUGA BUKAN SEORANG ULAMA, TETAPI BELIAU RA SANGAT TERKENAL PENDUDUK DI LANGIT, BAHKAN DIA DIHORMATI OLEH PARA MALAIKAT DAN DIKAGUMI MEREKA….

        JADI, KALAU KITA TIDAK DITAKDIRKAN MENJADI ULAMA ATAUPUN PEJABAT SEKALIPUN, KITA PUNYA KESEMPATAN PELUANG MENDAPATKAN KERIDHAAN ALLAH SWT..

        ULAMA ITU PAK, ADMIN DAN BU MIMI TANGGUNG JAWABNYA BERAT..DOSA KECIL AJE BISA DIPANDANG ALLAH BESAR, KALAU DIBANDINGIN DENGAN ORANG BIASA..ALLAH ITU BERSIFAT ADIL DAN BIJAKSANA..SHADAQAHNYA ORANG MISKIN KALAU DIKELUARIN UANG 10.000 AJE, BISA SEPERTI DIA MENGELUARKAN UANG MILIARAN, KALAU DIBANDINGKAN DENGAN ORANG KAYA YANG PUNAY UANG TRILIUN….ALLAH TIDAK MENGUTAMAKAN APAKAH ULAMA, ORANG BIASA, KAYA, MISKIN, SUKU, ARAB ATAUPUN NON-ARAB, TETAPI KETAKWAAN DI ANTARA MEREKA..

        MASALAH HATI,KAN HANYA DIRI KITA MASING-MASING YANG TAHU DAN ALLAH SWT SAJA..APAKAH KAMU HANYA BISA MELIHAT DZAHIRNYE SAJA?..KITA DIAJARKAN UNTUK BERBAIK SANGKA AME ORANG LAIN, SELEBIHNYA URUSAN DIA DENGAN ALLAH..

        DARI KETERANGAN DI ATAS, BISA MENGAMBIL KESIMPULAN BAHWA KEBANYAKAN NON-MUSLIM HANYALAH BERBURUK SANGKA SAJA DAN BODOH PENGETAHUAN TENTANG ISLAM. MEMANGNYE DIKIRAIN ISLAM INI MILIK ULAMA APE?. KALAU SUDAH ULAMA, LALU BERTINDAK SEENAKNYE AJE TANPA DIKENDALIKAN YANG MAHA KUASA…

        MODAL KITA MENUJU AKHIRAT ADALAH TAKWA SAJA, GAK HARUS MENJADI ULAMA, MENJADI ORANG KAYA ATAUPUN MENJADI PEJABAT…SEMUA DIPANDANG ALLAH ADALAH SAMA, KECUALI TAKWA….TAKWA ITU YANG TAHU DIRINYA SNDIRI..

        BAGAIMANA DENGAN AJARAN KRISTEN?..DAN BAGAIMANA PRAKTEKNYE SEHARI-HARI?..

        MURTAD ITU GAK HARUS KELUAR DARI AGAMA ISLAM ATAU MASUK KE AGAMA LAIN….APAKAH UCAPAN SESEOARANG ITU DINILAI MURTAD ATAU TIDAK, BERDASARKAN ALQURAN DAN HADITS?..BAHKAN ULAMA SAJA BISA JUGA MURTAD ALIAS TENTU SAJA BUKAN MASUK KE AGAMA KRISTEN, BUDHA ATAUPUN HINDU…WALAUPUN GUE ORANG BIASA, GUE INI PUNYA OTAK, APAKAH GUE HARUS IKUTIN ULAMA ITU ATAU TIDAK?..KALAU ITU BENAR DATANGNYE DARI ALLAH DAN RASUL-NYA KITA AMBIL, KALAU TIDAK, KITA TINGGALKAN SAJA..WAALLAHU A’LAM..TERIMA KASIH

  14. goa hira permalink

    @ super INGUS
    1.MUDAHKAH MEMAHAMI QURAN ?
    JAWABAN SUPER INGUS : BARU MUALAF SEMINGGU SUDAH BISA BACA QURAN

    PERTANYANNYA DI ULANG
    MUDAHKAH MEMAHAMI QURAN ?
    SUPER INGUS : BARU MUALAF SEMINGGU SUDAH BISA BACA QURAN

    2.ATAU ADAKAH ORANG-ORANG MURTAD YANG BISA MEMBERIKAN ALASAN YANG MASUK DIAKAL, KENAPA MEREKA MURTAD?.
    ===========================================
    GOA HIRA :
    1. JUNJUNGNNYA MENYETUBUHI GADIS BERUMUR 9 TAHUN
    2, BERBOHONG PADA ISTRINYA SUPAYA BISA NGEMBAT PEMBANTUNYA.

    JAWABAN SUPER INGUS :
    Pak admin, teman loe si goa hira gak ngerti ape-ape..gue menghadapi orang yang tidak berpegang dengan alkitab lebih sulit daripada orang yang memegang alkitab..orang murtad bukan gara-gara beliau saw menikah dengan Aisyah atau gara-gara melihat hadits bahwa rambut terbelah 7 lapis..itu bukan alasan orang-orang murtad, sebab mereka sendiri sudah tahu, bahwa Islam itulah yang benar..pada hakikatnya, bukan pada prilaku muslim yang tidak sesuai aturan islam atau melakukan suatu tindakan kriminal, lalu karena alasan itu, mereka keluar dari agama islam, padahal mereka sendiri tahu hal kebenaran.

    KARENA SI SUPER INGUS SUDAH PUNYA JAWABAN, OTOMATIS JAWABAN GOA HIRA SALAHHHHHHHHHHHHHHH

  15. goa hira permalink

    @ DARMO…
    PERTANYAAN YANG SAMA UNTUK DARMO

    MUDAHKAH MEMAHAMI QURAN ?
    ============================
    ……………………………………………………………………………….
    ……………………………………………………………………………….

    SEMOGA JAWABAN ANDA BEDA DENGAN IKLAN TEH BOTOL SOSRO, AYO BUKTIKAN KALAU IQ ANDA HANYA 85…HA…HA…HA

  16. andre permalink

    ajaran sepanjang masa yang tidak terbukti satupun juga hanya isapan jempol saja namun herannnya dipercaya mengapa karna genaplah apa yang dikatakan nubuatan bahwa ajaran ini benar benar dari setan dan iblis yang berkuasa pada manusia dibumi sehingga mereka menampakkan anti kebenaran, kalau kebenaran mengatakan “kasihilah musuhmu dan berdoalah untuknya, maka ajaran setan mengatakan pancunglah kafir dimanapun berada” jelas sekali dari buahnya maka kamu akan tau iblis sebenarnya

  17. “Lebah Makan Buah” versus “Ular Makan Tanah”, ayo mana yang lebih jago menjelaskannya????

    • goa hira permalink

      @citra
      menurut kamu jagoan mana ?

      MUDAHKAH MEMAHAMI QURAN ?
      ============================
      ……………………………………………………………………………….
      ……………………………………………………………………………….

  18. 6:6 Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:
    6:7 biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya,
    6:8 ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

    Semut Gak Ada PEMIMPINNYA??? APAKAH RATU BUKAN PIMPINAN ATAU PENGUASA YA???

    • goa hira permalink

      @citra….. citra
      MUDAHKAH MEMAHAMI QURAN ?
      ============================
      6:6 Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:
      6:7 biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya,
      6:8 ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

      Semut Gak Ada PEMIMPINNYA??? APAKAH RATU BUKAN PIMPINAN ATAU PENGUASA YA???

      sungguh jawaban yang ruuuuarrrrrrrr biasa

    • JANGAN GITU AH permalink

      Ngaco lu, ratu semut bukan pemimpin semut, tetapi yang memproduksi telur. Tugas ratu semut hanya bertelur. Sang ratu semut selalu ngumpet di sarangnya dan tidak pernah keluar memimpin semut apa lagi sebagai penguasa.

    • Citra Yudewi!!! SALUT atas penjelasan anda yang sungguh luar biasa!!!!
      Tentu anda sudah bisa baca tulis dan main interenetan, dan otomatis SUPER JENIUS LUAR BIASA!!!!
      Artikel ini membahas tentang : MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

      Coba baca lagi komentar/penjelasan atau apapun tentang artikel ini:

      6:6 Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:
      6:7 biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya,
      6:8 ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

      Semut Gak Ada PEMIMPINNYA??? APAKAH RATU BUKAN PIMPINAN ATAU PENGUASA YA???

      Berbicara tentang semut, AL QURAN, WAHYU SUCI ABAL ABAL secara spesial memberikan satu surah husus tentang semut, yaitu QS 27 dengan pembukaan:
      QS 27 : Surat ini adalah ayat-ayat Al Quran, dan Kitab yang menjelaskan,

      Mengapa kamu tidak mencari segala hal tentang semut di surat semut?????!!!!!!!

      Surat semut yang isinya loncat sana loncat sini, ngawur dan ngga jelas apa yang diceitakan kemudian berujung pada:
      QS 27 : 91 Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

      Tuhan negeri mekah yang berumah di kahbah yang setiap orang berhaji wajib mengatakan kami datang padamu ya alalow sambil menunjuk kalau bisa mencium DZAT TAUHID, seonggok batu hitam berbentuk vagina, sembahan ABDULLAH dan nenek moyangnya yang menjadi satu satunya ILLAH tersisa setelah ANAK ABDULLAH berkuasa…………

      Dia, Tuhan negeri mekah yang berumah di kahbah yang setiap orang berhaji wajib mengatakan kami datang padamu ya alalow sambil menunjuk kalau bisa mencium DZAT TAUHID, seonggok batu hitam berbentuk vagina, sembahan ABDULLAH dan nenek moyangnya, mungkin bisa menjelaskan apa yang kau nyatakan tentang semut!!!!!!

      Tapi kalau kamu hendak menggunakan OTAKMU yang secuil itu mau memahami semut dengan benar, googlinglah dan gunakan pengetahuan para KAFIR LAKNATULLOH yang sudah meneliti tentang semut!!!!!!
      Alih alih kamu membaca SURAT SEMUT, tapi tidak menjelaskan apapun tentang semut!!!!!!!

      Jadi biar kamu benar benar bisa menjawab dengan argument yang mantap, sekali lagi baca artikelnya : MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

      Bagi saya mudah sekali memahami al quran, apapun maasalahmu, apapun pertanyaanmu dan apapun yang kamu mau, jawabnya ada di al quran!!!!
      Apa jawabnya? AL QURAN PASTI BENAR KARENA AL QURAN MENGATAKAN BAHWA AL QURAN PASTI BENAR KARENA ……dst.

      Jadi apa penjelasan tentang semut pada surat semut di AL QURAN????

      QS 27 : 76 Sesungguhnya Al Quran ini menjelaskan kepada Bani lsrail sebahagian besar dari (perkara-perkara) yang mereka berselisih tentangnya.

      Ternyata orang ISRAEL bisa jadi berselisih tentang SEMUT!!!!!!! dan AL QURAN menjelaskannya dengan cemerlang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      Walau bagaimanapun, terima kasih atas komentarmu yang SUPER JENIUS LUAR BIASA, karena kamu sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentunya kamu pastilah lebih pintar dan lebih hebat dari si CABUL BUTA HURUF SAW yang tidak bisa membaca….. si CABUL BUTA HURUF SAW anak si ABDULLAH, yang sembahannya adalah TUHAN NEGERI MEKAH.

      Yang pasti bukan seekor semut, tetapi : Tuhan negeri mekah yang berumah di kahbah yang setiap orang berhaji wajib mengatakan kami datang padamu ya alalow sambil menunjuk kalau bisa mencium DZAT TAUHID, seonggok batu hitam berbentuk vagina yang sudah menurunkan SURAT SEMUT!!!!!

  19. andre permalink

    artikel diatas dijawab semut, artikel diatas dijawab ular…terus benar dong kata admin gatal kepala garuk pantat…ajaran arab memang tak terbukti sepanjang masa

    • saya memang belum menjawab artikel ini kok mas, saya lagi menjawab si admin tentang lebah makan buah. initnya saya cuman jawab kalau di qur’an ada lebah makan buah, nah bagaimana tentang di alkitab tentang ular makan debu/tanah. paham??

      • Mimie permalink

        Kemanakah ilmu hayat yang anda pelajari ,jikalau anda pernah mendapat pelajaran tentang reptil ini?Memang diMadrasah atau dipesantren harus menelan bulat2 apa yang diberikan tanpa boleh bertanya, lebah makan buah, itu harus diiyakan ,batu hajar asward adalah lambang rahim ibu, kurban binatang adalah sarana transportasi untuk mencapai sorga.
        Ular, reptil ini memakan apa saja, termasuk tanah, terutama yang hidup dirawa,air.
        Paham?

      • Kalau anda pencuri, anda tidak menjadi benar kalau menuduh orang lain sebagai perampok!!!!
        Anda sungguh SUPER JENIUS LUAR BIASA, sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentunya sudah lebih pintar dari si cabul BUTA HURUF yang TIDAK BISA MEMBACA!!!

        Judul artikel ini : MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

        Seharusnya anda mengunjungi situs situs yang membahas Alkitab sehingga anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan ataupun pernyataan yang anda sampaikan.
        Sayangnya, menurut Al quran bahwa ALKITAB SUDAH DIPALSUKAN, lalu untuk apa membahas yang sudah dipalsukan?

        – Kuburan Ibrahim di kahbah Mekah yang dijadikan tempat sholat di Al quran sudah DIPALSUKAN menjadi kuburan Abraham di Gua Mahkhapela.
        – 9 tulah Musa di Al quran sudah DIPALSUKAN menjadi 10 tulah Musa.
        – Ibu Yusuf datang ke Mesir di Al quran sudah DIPALSUKAN menjadi Ibu Yusuf meninggal ketika melahirkan Benyamin
        – Isa dilahirkan pada tengah hari siang bolong di bawah pohon kurma entah kapan dan entah dimana sudah DIPALSUKAN menjadi Yesus lahir pada malam hari di Bethlehem Efrata Tanah Yudea.
        – Banyak lagi apa yang dikatakan di AL QURAN sudah DIPALSUKAN di ALKITAB!!!!

        Tuhan memberikan kemampuan berpikir yang berbeda beda kepada tiap tiap manusia. Tetapi secara umum, dengan memiliki IQ standar, seseorang akan bisa memahami suatu narasi kalimat dan mengartikannya sesuai dengan konteks kalimatnya.

        Saya kurang yakin kamu akan mengerti apa yang kamu baca dan apa yang kamu sampaikan, walaupun kamu adalah seorang SUPER JENIUS LUAR BIASA yang sudah bisa baca tulis dan main internetan, hanya karena suri teladan sempurnamu hanyalah seorang CABUL BUTA HURUF SAW yang TIDAK BISA MEMBACA.

        Ada baiknya kamu ulang ulang membaca kontekstual kalimat yang kamu sampaikan dan saya kutipkan sebagai perbandingan bagaimana gelo nya dirimu, sementara orang lain yang memiliki IQ cukup akan paham apa yang dibacanya :

        Kejadian 3, 14 – 15
        14. Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: “Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.
        15. Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

        Mikha 7; 16 – 17
        16. Biarlah bangsa-bangsa melihatnya dan merasa malu atas segala keperkasaan mereka; biarlah mereka menutup mulutnya dengan tangan, dan telinganya menjadi tuli.
        17. Biarlah mereka menjilat debu seperti ular, seperti binatang menjalar di bumi; biarlah mereka keluar dengan gemetar dari kubunya, dan datang kepada TUHAN, Allah kami, dengan gentar, dengan takut kepada-Mu!

        Membaca suatu narasi kalimat dan memahami artinya tidak terlepas dari konteks kalimat dimaksutkan. Bagi mereka yang ber IQ cukup, tentunya tidak perlu diterangkan bahwa narasi di atas sangat sangat dan sangat berbeda dengan narasi berikut ini sesuai dengan konteks kalimatnya:

        QS 16;
        66. Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.
        67. Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang yang memikirkan.
        68. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”,
        69. kemudian MAKANLAH DARI TIAP TIAP BUAH BUAHAN dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan. Dari perut lebah itu ke luar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan.
        ——————————————————————————-

        Narasi Al kitab tentang ULAR berhubungan dengan konteks kalimat ganjaran/hukuman/kutukan yang diberikan.
        Narasi Al quran tentang LEBAH berhubungan dengan konteks kalimat yang menghasilkan minuman.

        Saya tidak memperdebatkan isi Al kitab, tetapi membahas segala sesuatu tentan ISLAM QURAN HADIST.
        Dalam contoh kalimat yang bekaitan dengan kontekstualnya, AL QURAN menerangkan bagaimana lebah madu menghasilkan MINUMAN, yaitu sesuai dengan wahyu ALLOW SWT : MAKANLAH DARI TIAP TIAP BUAH BUAHAN

        Pun dari narasi QS 16, 69. setiap orang yang memiliki IQ cukup, dapat dengan mudah mendapati kesalahan fatal lainnya karena dari perut lebah yang keluar bukanlah minuman (Madu) melainkan kotoran.

        Mudah mudahan, kamu yang terbiasa gatal di kepala garuknya di pantat, tidak menunjukkan KEJENIUSANMU dengan mengatakan isi kepalamu sudah pindah menjadi isi pantat seperti kebiasaan menggarukmu.

      • @mimie: bawakan di sini bukti ular makan tanahnya, maaf kalo citra masih belajar

  20. Mimie permalink

    To Hakkullah

    Terima kasih atas penjelasannya.
    Yang mengatakan seseorang murtad itu adalah islam, juga sebutan kafir.
    Jujur, saya meninggalkan agama islam adalah kemauan sendiri tanpa diprovokasi siapapun
    Semuanya karena peristiwa demi peristiwa yang saya saksikan dengan mata kepala sendiri.
    Selama saya diAliyah , sayapun tidak menelan dengan bulat2 ucapan pada ulama dan guru ngaji saya..Sampai diperguruanpun saya masih mengenakan jilbab, Namum peristiwa demi peristiwa ,yang paling dan masih merupakan trauma saya adalah kejadian peristiwa Mei 98.
    Saya menyaksikan sekolompok orang membakar, hingga memperkosa wanita sambil teriak Allahu Akbar.Dan masih banyak lagi peristiwa yang menimbulkan korban oleh mereka yang mengaku berjihad.
    Selama saya diMadrasah , yang didengungkan adalah hal2 yang indah2, lain dengan fakta dijalanan.Singkat kata ,ternyata setelah saya tekuni Quran maupun hadist, saya berkesimpulan bahwa islam bukanlah sebuah agama, jika itu sebuah komunitas keagamaan ,tidak sepatutnya ada ayat yang mengatakan , hukuman mati bagi yang murtad.
    Islam hanya sebuah organisasi kekerasan yang direka orang yang bernama Muhammad.

    Sesuai dengan topik disini, saya dengan tegas mengatakan alquran susah dan tidak perlu dimengerti.
    Salam bagi yang punya logika.

  21. andre permalink

    alquran itu sengaja dibuat demikian bercabang cabang dan tidak ada satupun kepastian dalam alquran karna mereka sadar dengan demikian mudah untuk mengatakan bahwa alquran kitab sulit untuk dimengerti sehingga ujungnya mereka akan mengatakan hanya orang yang dapat hidayah dari allah swt yang mengerti akan kitab laufh mahfudz itu.

    tapi sebenarnya mereka juga sudah tau bahwa kitab ini adalah karangan para sahabat karangan orang yang narsistik untuk tetap eksis sebagai salah satu orang yg berpengaruh dalam dunia religi walau kita sangat yakin bahwa ajaran ajaran dalam alquran sangat bertentangan dengan ajaran kasih ajaran sebenarnya religi itu bagi manusia.

    caranya mudah selidiki dan uji, dua kata kunci inilah akan membuktikan bahwa alquran memang bukan dari Tuhan

  22. mas admin mengatakan otak citra yudewi cuma secuil dan baru bisa baca tulis dan main internetan! hemmmm citra akui memang otak saya cuma secuil dan baru bisa menulis dan baru main internetan. tapi kalo melihat mas admin yang menulis
    “Tuhan negeri mekah yang berumah di kahbah yang setiap orang berhaji wajib mengatakan kami datang padamu ya alalow sambil menunjuk kalau bisa mencium DZAT TAUHID, seonggok batu hitam berbentuk vagina, sembahan ABDULLAH dan nenek moyangnya yang menjadi satu satunya ILLAH tersisa setelah ANAK ABDULLAH berkuasa…………” , maka citra sangat maklum kalo otak mas admin cuma SEUPIL [catat cuma SEUPIL], KOK BISA???? seonggok batu hitam yaitu HAJAR ASWAD berbentuk seperti [MAAF] vagina???? apa mas admin gak bisa buka om GOOGLE kemudian ketik hajar aswad, kemudian klik bagian IMAGE?? coba deh bawa di mari yang namanya gambar hajar aswad atau seonggok batu hitam tersebut. nah kita buktikan apakah benar otak mas admin sebesar upil atau sebesar mikroba???

    • Wow…. ENGKAU BENAR BENAR SUPER JENIUS LUAR BIASA!!!!!!
      Judul artikel : MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

      Apa tanggapanmu?
      Tentu bagimu lebih sulit menerima kalau hajar aswad memang seonggok batu hitam berbentuk vagina!!!!!!

      Si CABUL BUTA HURUF SAW yang menjadikanmu SUPER JENIUS ALA ISLAM, memang tidak terlepas dari seputaran VAGINA kok!!!! Ngga usah malu dan merasa risih:
      – Baiat kenabian melalui test VAGINA
      – Sembahannya seonggok batu hitam berbentuk VAGINA
      – Selama masa kenabiannnya menggiliri bermacam macan VAGINA
      – Matipun berurusan dengan masalah VAGINA

      http://www.lipstickalley.com/showthread.php/409923-6-Famous-Symbols-That-Don-t-Mean-What-You-Think?p=10345196&viewfull=1
      https://www.google.com/search?hl=en&site=imghp&tbm=isch&source=hp&biw=1366&bih=643&q=meccca+black+stone+vs+vagina&oq=meccca+black+stone+vs+vagina&gs_l=img.3…19.6975.0.7469.28.25.0.0.0.0.269.2308.0j7j5.12.0.stareytweb…0…1.1.64.img..23.5.904.stV83bC4TSY#hl=en&tbm=isch&q=hajar+aswad+and+vagina&imgrc=ufhMeehGbYxxSM%253A%3BS323NazZvB_tjM%3Bhttp%253A%252F%252Fsphotos.ak.fbcdn.net%252Fhphotos-ak-snc4%252Fhs064.snc4%252F34577_108582295858755_100001209562735_70888_503668_n.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Findonesia.faithfreedom.org%252Fforum%252Fviewtopic.php%253Ff%253D8%2526t%253D25513%2526start%253D60%3B591%3B591

      • Gendon permalink

        waooowww, benar benar seupil otaknya mas admin, kan sudah citra katakan citra belum menjawab pertanyaan artikel om admin, belum mas, sabar ya, citra cuma meluruskan dulu point tentang seonggok batu yang om admin katakan sebagai vagina [hihihhih dasar otak seupil NGERES lagi]. OK, mas admin sudah ada kemajuan, mas admin udah tau kalo hajar aswad adalah seonggok BATU HITAM. emang yang batu hitam itu warnanya PERAK ya mas???? saran citra, mas admin harus pergi ke dokter mata untuk test buta warna mas. setuju??? Nah, kalo sudah dikasih vitamin A, coba mas admin pentelengin gambar dari mbah google atu per atu. kan juga ada keterangannya tuh mas admin. jangan hanya liat dari situs pembenci islam. kalau udah paham, citra akan coba jawab artikel ini. ini berkaitan dengan artikel MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?. OK mas. silakan dipentelengi, dilihat keterangan dari mbah google atu per atu.

        salam damai

    • @citra
      kamu tuh buodhoh-nya gak ketulungan yeee??

  23. Gendon permalink

    nih aku kasih link mas admin, biar lebih jelasnya lihat http://www.pustakaafaf.com/asal-usul-hajar-aswad/. baca di bagian
    “PUSTAKAAFAF.COM: HAJAR Aswad (batu hitam) ialah batu hitam kemerah-merahan yang menempel di sudut selatan, sebela A kiri pintu Ka’bah. Ketinggiannya 1,10 m dari permukaan tanah ka’bah. Hajar Aswad dahulu berupa satu batu yang berdiameter kurang lebih 30 cm. Namun karena faktor usia beberapa kali mengalami pemugaran ka’bah, banjir di zaman Nuh yang menghancurkan bangunan awal ka’bah, ditambah lagi pencongkelan paksa batu ini oleh kelompok-kelompok sempalan dengan berbagai kepentingan, membuat batu itu pecah berkeping-keping. Sekarang kepingan-kepingan batu itu terpasang rapi di dalam sebuah bingkai cekung, yang seukuran dengan kepala manusia. Ada yang mengatakan masih ada delapan keping seukuran biji korma ditanam di dalam bingkai Hajar Aswad.” Nah, yang diimajinasikan oleh mas admin sebagai vagina [maklumlah kan otaknya ngeres] adalah bingkai dari hajar aswad itu.
    Faham mas admin??? Ngaku ndak kalo otak saya lebih besar dikit dan nggak NGERES kayak otak mas admin yang seupil itu. SALAM SUPER JENIUS.

    • Mimie permalink

      Yang betul yang mana,,,,,,nih
      Hajar aswad ,batu hitam ini didatangkan dari sorga—
      sisa penghancuran 360 patung berhala yang disembah abdullah babenya mohammad,,,
      Kalo quran kagak jelas, cari dihadist
      Kalo hadist gak sahih balik lagi kequran
      gitu ya.

      • Dalam ajaran islam, semuanya berasal dari “KONON dan KATANYA”
        Apapun yang dikatakan Muhammad pastilah benar karena Al quran mengatakan muhammad pasti benar.
        Al quran pun demikian, apapun yang dikatakan al quran pasti benar karena al quran mengatakan bahwa al quran pasti benar.
        Hal tersebutlah yang diadaptasi para muslim…. apapun yang mereka katakan, pasti benar karena mereka mengatakan bahwa mereka pasti benar.

        KONON dan KATANTA….. Hajar aswad ,batu hitam ini didatangkan dari sorga—
        Surga yang mana?
        Surga yang dihuni setan setan yang menggelincirkan Adam dari surga?
        Surga tempat sang PENIPU ULUNG ?
        Surga tempat si Musa yang ditemui Muhammad atau surga tempat Ibrahim berada?

        KONON KATANYA….. surga islam adalah tempat dimana terdapat pasar pasar sex dan setiap orang dapat memilih siapa saja yang disukainya!!!!!
        KONON KATANYA….. Hajar aswad ,batu hitam ini didatangkan dari sorga— Lha….. si ZULKARNAEN, pengembara yang agung saja KONON KATANYA NABI ISLAM yang luar biasa kok!!!!

        Memahami AL QURAN itu emang MUDAH BANGET, walaupun perlu sekian banyak ilmu… cukup dengan KONON KATANYA……

  24. Gendon permalink

    maaf ya mas admin, citra menanggapi komen komen mas admin dari hasil pemikiran otak seupil dan ngeres. mas admin pernah komen gini nih, perhatikan….
    Pun dari narasi QS 16, 69. setiap orang yang memiliki IQ cukup, dapat dengan mudah mendapati kesalahan fatal lainnya karena dari perut lebah yang keluar bukanlah minuman (Madu) melainkan kotoran.

    perhatkan kalimat yang keluar bukanlah minuman melainkan KOTORAN. ini diakibatkan karena mas admin sering makan kotoran ayam alias telur [menurut logika mas admin] hehehheh.

    Bagaimana Lebah Madu Membuat Madu?

    -> Langkah pertama dalam pembuatan madu adalah pengumpulan nektar. Nektar yang diperoleh lebah pekerja dari bunga akan dibawa kembali ke sarangnya.

    Lebah yang mengumpulkan madu memiliki lidah menyerupai belalai yang disebut proboscis. Nektar disedot menggunakan proboscis dan masuk dalam PERUT LEBAH.

    -> Setelah nektar dikumpulkan, lebah kembali ke sarang dimana lebah pekerja lain (biasanya lebih muda) mengisap nektar dari perut lebah pekerja yang baru pulang menggunakan proboscis.

    apakah semua yang keluar dari perut adalah KOTORAN mas admin???? bagaimana dengan telur ayam??? terus mas admin sendiri yang keluar dari perut ibu [mungkin aja kotoran karena otaknya ngeres melulu]???? cari dulu berbagai referensi baru tangan menulis. semoga dari citra dari sini sampai ke atas, sedikit bisa menjawab artikel MEMAHAMI AL QUR’AN MUDAH ATAU SULIT [bagi yang faham]

    • Kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang proses pembuatan madu oleh lebah, silahkan dibaca buku buku yang membahas tentang produksi madu.
      Silahkan anda baca lagi komentar anda dan bandingkan dengan faktanya:

      -> Langkah pertama dalam pembuatan madu adalah pengumpulan nektar. Nektar yang diperoleh lebah pekerja dari bunga akan dibawa kembali ke sarangnya.

      Lebah yang mengumpulkan madu memiliki lidah menyerupai belalai yang disebut proboscis. Nektar disedot menggunakan proboscis dan masuk dalam PERUT LEBAH.

      -> Setelah nektar dikumpulkan, lebah kembali ke sarang dimana lebah pekerja lain (biasanya lebih muda) mengisap nektar dari perut lebah pekerja yang baru pulang menggunakan proboscis.

      Nehtar dibawa pulang oleh LEBAH PEKERJA yang ditempatkan di POLLEN BASKET/KANTONG POLLEN yang terdapat di kakinya.
      Jadi bukan mengumpulkan madu melalui lidah/proboscis!!!!!!!!
      Yang anda maksutkan itu adalah TAWON!!!!! Bukan lebah madu.
      Penghasil madu bukan saja lebah, tetapi semua serangga yang memakan nehtar bunga, karena seyogianya, madu berasal dari nehtar bunga yang mengalami proses fermentasi dengan enzim tertentu yang dihasilkan serangga yang memprosesnya!!!!

      Madu adalah hasil akhir dari suatu proses.
      Nehtar bunga yang dibawa lebah pekerja bukanlah madu.
      Sakarida dikunyah dan diproses lebah rumahan dengan enzim bukanlah madu.

      Dari pernyataan anda sendiri, apakah MAKANAN LEBAH MADU??????!!!!!!!
      Setuju kah anda bahwa lebah madu makan BUAH BUAHAN seperti yang dikatakan ALLOW SWT?????!!!!!!

      Sesuai dengan artikel ini : MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

      Apakah terlalu sullit bagimu membedakan apa yang dimaksut dengan lebah madu dan tawon?
      Apakah terlalu sulit bagimu membedakan apa yang dimaksut dengan nehtar bunga dan buah buahan?

      Orang orang SUPER JENIUS SEPERTIMU, pastilah menggunakan fallacy, seolah olah benar, tetapi MENYESATKAN!!!! Saya sangat, sangat dan sangat memahami bagaimana setiap MUSLIM harus menggunakan fallacynya agar kelihatan benar dalam mengambil kesimpulan!!!!!!!

      apakah semua yang keluar dari perut adalah KOTORAN mas admin???? bagaimana dengan telur ayam???

      Dari perut lebah juga keluar telur, tetapi dari perut ayam belum tentu keluar telur!!!!!
      Yang pasti, dari perut lebah keluar kotoran dan dari perut ayam juga keluar kotoran.

      Belajar lagi memahami suatu kalimat dalam konteks kalimat agar kamu bisa paham apa yang dikatakan ALLOW SWT mu!!!!!!
      Kalau kamu ngga bisa paham dengan apa yang kamu baca di artikel, itu adalah hal yang lumrah, karena kamu SUPER JENIUS LUAR BIASA, sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentunya sudah lebih pintar dari suri teladan sempurnamu si cabul BUTA HURUF SAW yang tidak bisa membaca!!!!!

      Mengapa tidak kamu balik pernyataanmu sendiri:
      Apakah semua yang keluar dari perut adalah TELUR???
      Bagaimana dengan taik ayam????
      Bagaimana dengan anda yang keluar dari perut ibumu (mungkin saja telur ayam, karena munkin ibumu dikawini ayam)????

      Pakai otakmu yang secuil itu untuk berpikir secara logis, karena apa yang kamu tuliskan terlepas dari konteks apa yang kamu baca!!!!! Walaupun kamu pastilah SUPER JENIUS LUAR BIASA!!!!!

      • om admin, baca pelan pelan ya!!!!

        http://honeybee.org.au/education/wonderful-world-of-honey/how-bees-make-honey/

        perhatikan paragraph berikut ya om, kalo endak bisa bahasa inggris, taruh aja di google translate om.

        “Let us go with the honeybee from her flower to the hive and see what happens. Most bees gather only pollen or nectar. As she sucks the nectar from the flower, it is stored in her special honey stomach ready to be transferred to the honey-making bees in the hive. If hungry she opens a valve in the nectar “sac” and a portion of the payload passes through to her own stomach to be converted to energy for her own needs.”

        and then read this link to om, http://insects.about.com/od/antsbeeswasps/f/beesmakehoney.htm

        let’s take a look at this paragraph

        “First, worker bees fly out from the hive in search of nectar-rich flowers. Using its straw-like proboscis, a worker bees drinks the liquid nectar and stores it in a special stomach called the honey stomach. The bee continues to forage, visiting hundreds of flowers, until its honey stomach is full.

        Within the honey stomach, enzymes break down the complex sugars of the nectar into simpler sugars, which are less prone to crystallization. This process is called inversion.”

        honeybee = lebah madu om, siapa lagi yang ngomong tentang TAWON???

        so pernyataan om admin

        “Jadi bukan mengumpulkan madu melalui lidah/proboscis!!!!!!!!” mah BULLSHIT!!!
        jadi tidak semua lebah madu mengumpulkan makanan melalui di kakinya om, faham ya?

        nanti setelah ini citra jelaskan maksud dari Al Qur’an yang mengatakan bahwa lebah makan buah-buahan om, sabar dulu ya.

        citra adds several links for om admin
        http://www.livescience.com/37611-what-is-honey-honeybees.html
        http://www.answers.com/Q/Where_do_bees_carry_nectar

      • Neng, sungguh takjub kalau anda SUPER JENIUS LUAR BIASA!!!!!!! Sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentu sudah lebih pinter dari ALLOW SWT yang tidak tahu bahwa :

        “Jadi bukan mengumpulkan madu melalui lidah/proboscis!!!!!!!!” mah BULLSHIT!!!
        jadi tidak semua lebah madu mengumpulkan makanan melalui di kakinya om, faham ya?

        Saya setuju banget, memang ALLOW SWT cuma BULLSHIT!!!!! Cuma karang karangan si cabul BUTA HURUF SAW!!!!!

        Habis, pengetahuan ALLOW SWT ternyata lebih rendah dari pengetahuanmu!!!!!
        Bilangin tuh sama ALLOW SWT mu, bahwa : “tidak semua lebah madu mengumpulkan makanan melalui di kakinya ALLOW SWT, faham ya?

        Atau ALLOW SWT mu cuma tahu TAWON ARAB ya????!!!!!!!

        Btw, kenapa ENENG tidak mengutip AL QURAN YANG JELAS, RINCI dan TIDAK ADA KERAGUAN DI DALAMNYA???!!!! Kok malah nguti ngutip tulisan para KAFIR yang berbahasa INGGRIS!!!!!!!! Awas lho Neng, nanti dilaknati ALLOW SWT!!!!!!

        Oh ya Neng, belajar yang banyak lagi biar Eneng paham bahwa TIDAK SEMUA lebah madu mengumpulkan makanan melalui di kakinya, ada juga sejenis lebah yang menghisap nehtar bunga.
        Coba Eneng perhatikan kalimat berikut ini : tidak semua yang keluar dari perut ibumu adalah anak ibumu, masa taik juga termasuk saudaramu????!!!!!

        Yang benar itu, taik adalah makanan saudaramu.
        Kalau Eneng ngga percaya, tanya aja tuh sama suri teladan Eneng yang tidak bisa membaca!!!!!! Kalau Eneng tahu makanan saudara Eneng adalah taik, tentu karena Eneng SUPER JENIUS LUAR BIASA, sudah lebih pintar dan lebih hebat dari si cabul BUTA HURUF yang tidak bisa membaca!!!!!

        Kalau Eneng sudah selesai membaca, jadi menurut Eneng : MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

        Al quran mengatakan : Dari perut lebah itu ke luar minuman yang bermacam-macam warnanya!!!!!!!!

        Apakah pengertian perut?
        Perut dimaksutkan sebagai bagian tubuh yang berfungsi mencerna makanan, menghasilkan zat zat yang dibutuhkan tubuh dan membuang sisa dari pencernaan sebagai kotoran.
        Honey Stomach merupakan kantong husus yang memproduksi enzim enzim tertentu yang dimiliki lebah madu rumahan untuk memproses nehtar bunga menjadi sakarida. Sakarida yang mengandung kadar air yang sangat tinggi, +/- 75 – 80% yang kemudian diproses melalui penguapan dan tranformasi dari enzim enzim yang ada untuk menghasilkan madu.
        Honey stomach pada lebah madu BERBEDA dan BUKANLAH stomach/PERUT dalam pengertian sebagai alat pencernaan!!!!!!!

        Orang dungu yang pandir, tidak berpikir apa yang disampaikannya!!!! Sama seperti dirimu yang SUPER JENIUS LUAR BIASA, tidak paham apa yang kamu sampaikan, karena kamu OTOMATIS SUPER JENIUS LUAR BIASA, sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentu lebih pintar dan lebih hebat dari suri teladan sempurnamu si cabul BUTA HURUF SAW yang tidak bisa membaca…..

        Jadi wajar kamu mengutip tulisan KAFIR dan tidak paham apa yang kamu kutip!!!!!

        …………. special honey stomach
        …………. the nectar “sac”
        …………. passes through to her own stomach

    • emang dalam ayat tersebut Alloh SWT, berfirman kepada setiap lebah ya om??? yang mana ni kalimatnya???

      • Tanya dong sama allow SWT mu!!!!!!
        Masa tanya sama saya!!!!!

        Apakah kamu kesulitan atau mudah memahami wahyu allow swt mu?

      • lah saya mah udah paham dengan al qur’an, masalahnya otak kamu udah pindah di selakangan sih… makanya waktu dikasih tau dengan cara citra tanyain bukannya menjawab tapi malah menjawab
        “Tanya dong sama allow SWT mu!!!!!!
        Masa tanya sama saya!!!!!

        Apakah kamu kesulitan atau mudah memahami wahyu allow swt mu?”

        wkwkwkkw, otaknya sebesar otak semut nih om admin, wkwkwkww

      • DIBACA BAIK BAIK :

        Neng, sungguh takjub kalau anda SUPER JENIUS LUAR BIASA!!!!!!! Sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentu sudah lebih pinter dari ALLOW SWT yang tidak tahu bahwa :

        “Jadi bukan mengumpulkan madu melalui lidah/proboscis!!!!!!!!” mah BULLSHIT!!!
        jadi tidak semua lebah madu mengumpulkan makanan melalui di kakinya om, faham ya?

        Saya setuju banget, memang ALLOW SWT cuma BULLSHIT!!!!! Cuma karang karangan si cabul BUTA HURUF SAW!!!!!

        Habis, pengetahuan ALLOW SWT ternyata lebih rendah dari pengetahuanmu!!!!!
        Bilangin tuh sama ALLOW SWT mu, bahwa : “tidak semua lebah madu mengumpulkan makanan melalui di kakinya ALLOW SWT, faham ya?”

        Kamu sudah bilangin sama ALLOW SWT mu, bahwa : “tidak semua lebah madu mengumpulkan makanan melalui di kakinya ALLOW SWT, faham ya?

        Kok malah bertanya neng!!!!!

        emang dalam ayat tersebut Alloh SWT, berfirman kepada setiap lebah ya om??? yang mana ni kalimatnya???

        Makanya… BACA…BACA…BACA!!!!!! Walaupun kamu tidak mengerti apa yang kamu baca, tentu kamu SUPER JENIUS LUAR BIASA, sudah bisa baca tulis dan main internetan, sudah lebih pintar dari si CABUL BUTA HURUF SAW yang tidak bisa membaca, sampai sampai kamu pun mensuriteladankannya!!!!

        Apakah kamu kesulitan atau mudah memahami wahyu allow swt mu?”

        Sampai sampai mengutip TULISAN KAFIR untuk menerangkan wahyu ALLOW SWT mu yang ternyata pengetahunannya kalah sama dirimu!!!!

        Apakah kamu sudah mengerti yang kamu baca????!!!!

        Orang dungu yang pandir, tidak berpikir apa yang disampaikannya!!!! Sama seperti dirimu yang SUPER JENIUS LUAR BIASA, tidak paham apa yang kamu sampaikan, karena kamu OTOMATIS SUPER JENIUS LUAR BIASA, sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentu lebih pintar dan lebih hebat dari suri teladan sempurnamu si cabul BUTA HURUF SAW yang tidak bisa membaca…..

        Jadi wajar kamu mengutip tulisan KAFIR dan tidak paham apa yang kamu kutip!!!!!

        …………. special honey stomach
        …………. the nectar “sac”
        …………. passes through to her own stomach

        AL QURAN ADALAH KITAB YANG JELAS, RINCI DAN TIDAK ADA KERAGUAN DI DALAMNYA dan kamu mengatakan :

        lah saya mah udah paham dengan al qur’an, masalahnya otak kamu udah pindah di selakangan sih… makanya waktu dikasih tau dengan cara citra tanyain

        Orang DUNGU YANG PANDIR, tentulah SUPER JENIUS LUAR BIASA, bisa baca tulis dan main internetan, sudah lebih pintar dari suri teladan sempurnanya si cabul BUTA HURUF yang tidak bisa membaca!!!!!

        Cara memberitahu ALA SUPER JENIUS LUAR BIASA — DENGAN BERTANYA!!!!!!!

        MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

        17 ILMU YANG HARUS DIKUASAI AGAR BISA MEMAHAMI QUR’AN DENGAN BENAR

        Kutipan dari Al quran:
        QS 16;
        66. Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.
        67. Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang yang memikirkan.
        68. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”,
        69. kemudian MAKANLAH DARI TIAP TIAP BUAH BUAHAN dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan. Dari perut lebah itu ke luar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan.

        – Minuman apakah yang bermacam macam warnanya yang keluar dari perut lebah?

        Lalu datang SUPER JENIUS LUAR BIASA, yang sudah bisa baca tulis dan main internetan menerangkan :

        Bagaimana Lebah Madu Membuat Madu?

        -> Langkah pertama dalam pembuatan madu adalah pengumpulan nektar. Nektar yang diperoleh lebah pekerja dari bunga akan dibawa kembali ke sarangnya.

        Lebah yang mengumpulkan madu memiliki lidah menyerupai belalai yang disebut proboscis. Nektar disedot menggunakan proboscis dan masuk dalam PERUT LEBAH.

        -> Setelah nektar dikumpulkan, lebah kembali ke sarang dimana lebah pekerja lain (biasanya lebih muda) mengisap nektar dari perut lebah pekerja yang baru pulang menggunakan proboscis.
        apakah semua yang keluar dari perut adalah KOTORAN mas admin????

        Tentu kalau menurut ALLOW SWT mu adalah :

        minuman yang bermacam-macam warnanya

        Kenapa tidak kamu tanyakan kepada ALLOW SWT mu, darimanakah taik lebah, juga telur lebah keluarnya?????!!!!!!

        apakah semua yang keluar dari perut adalah KOTORAN ALLOW SWT????

        Setelah JUMPLITAN KESAN KEMARI, malah memberitahu sesuatu dengan bertanya :

        emang dalam ayat tersebut Alloh SWT, berfirman kepada setiap lebah ya om??? yang mana ni kalimatnya???

        Neng, walaupun kamu SUPER JENIUS LUAR BIASA, usahakan baca apa yang hendak kamu komentari!!!!
        Judul artikel ini : MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT?

        Trace kembali apa yang kamu komentari dan apa yang sudah kamu komentari!!!!!!!
        Jangan terlalu suka gatal di kepala garuknya di pantat!!!!!
        Isi kepalamu pasti pindah ke tempat kamu terbiasa menggaruknya!!!!!

        andre :
        artikel diatas dijawab semut, artikel diatas dijawab ular…terus benar dong kata admin gatal kepala garuk pantat…ajaran arab memang tak terbukti sepanjang masa

        citra yudewi :
        saya memang belum menjawab artikel ini kok mas, saya lagi menjawab si admin tentang lebah makan buah. initnya saya cuman jawab kalau di qur’an ada lebah makan buah, nah bagaimana tentang di alkitab tentang ular makan debu/tanah. paham??

        Tulisan Admin sebelum tulisanmu tersebut yang menyangkut tentang buah adalah respon terhadap HAKKULLAH yang sama seperti dirimu, SUPER JENIUS LUAR BIASA, yang sudah bisa baca tulis dan main internetan karena suri teladan sempurnanya hanyalah si cabul BUTA HURUF yang tidak bisa membaca.
        Admin menerima apa yang dikatakan HAKKULLAH, karena memang ADMIN BODOH SEKALI:


        Jadi saya terima apa yang dikatakan HAKKULLAH :

        si admin itu sangat bodoh sekali, gak bisa memahami apa yang dibahas..

        Sejujurnya, saya tidak menguasai ILMU TIPU TIPU dan ILMU COCOKMOLOGI…………..
        Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok BINTANG BINTANG FUNGSINYA MENIMPUK SETAN!!!!!
        Saya memang bodoh, ngga bisa mengerti kok LEBAH MADU MAKAN DURIAN!!!!!

        Otak ADMIN emang sebesar otak semut neng, makanya ketika neng bertanya dan admin ngga tahu, ya Admin nanya jawabannya apa!!!!!!
        Yang pasti, AL QURAN YANG JELAS, RINCI dan TIDAK ADA KERAGUAN DI DALAMNYA MENGATAKAN :

        QS 16 : 69 ………Dari perut lebah itu ke luar minuman yang bermacam-macam warnanya,

        Taik lebah ataupun telur lebah adalah sejenis minuman yang bermacam macam warnanya.
        Kalau salah, tolong dibenarkan.
        Kalau benar, tolong neng tanyain sama ALLOW SWT mu…..


        emang dalam ayat tersebut Alloh SWT, berfirman kepada setiap lebah ya ALLOW SWT???


        Kalau ALLOW SWT mu menjawab “YA” berarti kamunya salah!!!!!
        Kalau ALLOW SWT mu menjawab “TIDAK”, tolong beri pertanyaan susulan:

        yang mana ni kalimatnya???

  25. goa hira permalink

    ini tulisan citra yudewi
    saya memang belum menjawab artikel ini kok mas, saya lagi menjawab si admin tentang lebah makan buah. initnya saya cuman jawab kalau di qur’an ada lebah makan buah, nah bagaimana tentang di alkitab tentang ular makan debu/tanah. paham??
    ===============================================
    jawabannya tetap di tunggu lho neng.

    • Gendon permalink

      ada seonggok jawaban yang udah saya komenkan, tapi masih menunggu moderasi dari om admin. bagi yang faham boss

  26. atau gini aja deh om admin daripada ribut gak selesai selesai masalah lebah makan buah, yuk kita tonton bareng bareng ni link

  27. goa hira permalink

    SEKEDAR MENGINGATKAN JUDUL ARTIKEL

    MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT ?
    ====================================

    HALLO NENGGG CITRA, ANDA PUNYA JAWABAN ?

  28. darmogandul permalink

    Oooiii..siadmin
    postingan gue isinya di rubah” dan diputar balikkan …hadeww…siadmin emang banci !! wkwkwkwk…gue tanya dan nulis yesus kog di ganti bukan yesus ????

    gue nanya n nulis al-kitab …hohohoho..diganti bukan al-kitab ?????

    tuh..liat buktinya di artikel sebelumnya>>pake name gue lagi !!

    loe mau ngrekut gue masuk gerombolan loe ??? hadeww…loe aje punya yesus kagak jelas ?? tuhan ape manusia kate loe ama gerombolan eloe >>

    oooooiiii siadmin..banci !!! hahahahahahaha

    udah keliatan banget tuhh kamu siadmin kalo suka memutar balikkan fakta,kayak otak loe siadmin..mutar kebalik !!

    Kalo loe siadmin bikin ato nulis artikel,itu berarti siap menerima postingan komen siapapun !!

    BUkan begitu caranya..postingan dihapusin,postingan di hack !!

    kalo emang loe gak siap bisa menerima komen
    ? gak usah dah..bikin” tulisan..

    OOOOO…ii..ternyata postingan gue di bajak sama si admin..umat yesus yang notabene tuh yesus entah tuhan apa manusia..gak jelaass !!
    siadmin emang tukang hack bila g bisa ngejawab pertanyaan gue !!
    kalo gak tau yesus itu siapa ?? tuhan ape manusia !! tanya sono ke ahli” al-kitab”mu…paling mereka juga bingung !! siape ye sebenernye yesus ntuh..???wkwkwkwkwkwk…..
    CAPEDEH…!!

    ORANG-ORANG KAFIR HANYA MEMAHAMI KONSTEKSTUAL, BUKAN DILIHAT DARI PERMASALAHAN..BAGAIMANA DENGAN ALKITAB?. APAKAH MUNGKIN YESUS ITU TUHAN?..
    DI JAWAB ALLAH SWT:
    ( 3 ) Dia tiada beranak (melahirkan) dan tidak pula diperanakkan (dilahirkan),
    maksudnya:
    1. yang melahirkan, itu namanye bukan tuhan
    2. yang dilahirkan, itu namanye bukan tuhan
    siapapun yang melahirkan dan dilahirkan maka dia bukan tuhan..
    DARI sini paham gak otak loe siadmin…!!
    Ne baca lagi dibawah
    Yesus itu dilahirkan oleh siti Maryam, jadi: yesus itu bukan tuhan..bagaimana mungkin yesus itu tuhan?. semua orang sudah tahu, kalau yesus itu dilahirkan bukan secara tiba-tiba..
    pemahaman orang-orang kafir dengan orang-orang muslim beda, misalkan:
    roh kudus
    orang-orang kafir dianggap roh kudus itu adalah tuhan atau Allah
    orang-orang muslim, roh kudus adalah Malaikat Jibril..jadi, yang datang itu bukan tuhan, tetapi malaikat Jibril..
    Tuhan yang benar itu tidak dinampakkan sama sekali, di jawab oleh Allah:
    tidak ada yang serupa suatu apapun dengan-Nya..loe lihat yesus yang ade tiang gantungan, apakah mungkin dia itu tuhan?..
    apakah anda tidak menggunakan rasional anda sendiri?..
    ORANG-ORANG KAFIR HANYA MEMAHAMI KONSTEKSTUAL, BUKAN DILIHAT DARI PERMASALAHAN..BAGAIMANA DENGAN ALKITAB?. APAKAH MUNGKIN YESUS ITU TUHAN?..

    • SAW NABI BIADAB permalink

      JUDUL ARTIKEL

      MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT ? Kok malah bahas Yesus …. MULSIMUN EMANG SUPER JENIUS

      • Kevin Kalfath permalink

        HAH. Anda gk pernah belajar ya…. Yang ada sih MUSLIMIN bukan mulsimun. Hahaha islam memang jenius, karna, admin goblok itu postingannya ngejek2 ISLAM. NAH TERUS DI KOMEN DENGAN NGEJEK2 YESUS. Begitu goblok

      • Setuju deh…. ANDA ISLAM, PASTI PINTAR!!!!!!!!!!!!!!
        Kan suri teladan sempurnanya si cabul BUTA HURUF SAW!!!!!
        Standar kepintaran anda, ya sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentu sudah bisa menuduh dan mengklaim seperti halnya si cabul BUTA HURUF SAW bukan????!!!!!

        OK… selanjutnya anda dinobatkan sebagai SUPER JENIUS ALA ISLAM!!!!!!!
        Selamat ya………

    • goa hira permalink

      @ darmo…
      kamu benaran super genius nggak sih ?????????
      jawabanmu kok iklan teh botol sosro melulu ?

  29. andre permalink

    ngak dijawab admin karna isi artikel jawabnya tetap sama garuk pantat khas muslim

  30. goa hira permalink

    @ neng citra…..neng citra test….test…test
    pertanyannya ,
    MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT ?
    =====================================
    kok tidak ada respon. test……test.

    • haduuuhhh, banyak belajar gih dari om admin, citra udah banyak memberi jawaban tentang kemudahan al qur’an, tapi dek goa hira aja yang blo’on, gak ngerti sama sekali dan ndak bisa menarik pelajaran

      • goa hira permalink

        FOR ALL

        MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT ?
        ==========================================
        UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN INI, BACALAH KOMENTAR KOMENTARNYA NENG CITRA YUDEWI, JAWABANNYA SANGAT GENIUS, SINGKAT, JELAS DAN TERPERINCI.
        SEMOGA BERMAMFAAT.

    • citra kasih contoh ya dek, kalau mau nulis sesuatu cari sumber yang benar… tuh kayak om admin tu kalo nulis sesuatu belum check sumbernya udah maen tembak aja. coba tengok tentang hajar aswad dan makam ibrahim. dari situ aja udah ketahuan kalo main copas aja.

      nah apa kaitannya al qur’an adalah mudah untuk dipahami??? lah otak kamu aja udah negatif thinking gitu gimana bisa dengan mudah mempelajari al qur’an. hehehee, itu aja dulu dek.

      • goa hira permalink

        @ neng citra….neng citra.
        pertanyannya di ulang
        MEMAHAMI AL QURAN, MUDAH ATAU SULIT ?
        membaca komentar komentarmu seputar artikel diatas ( ada 8 komentar), saya harus mengatakan Kalau jawabanmu seputar artikel diatas memang sungguh luar biasa. ( komentarnya dibaca ulang lagi ya neng ).

        ini tulisan kamu neng citra
        haduuuhhh, banyak belajar gih dari om admin, citra udah banyak memberi jawaban tentang kemudahan al qur’an, tapi dek goa hira aja yang blo’on, gak ngerti sama sekali dan ndak bisa menarik pelajaran
        =========================================
        respon….. salut untuk jawaban anda yang luar biasa.

      • Batam permalink

        Tante citra kenapa sih bebal sekali😦

      • setanpapringan permalink

        Tante citra kalo suamimu/ayahmu aku bunuh terus kamu aku SODOK mau gak????

  31. Kevin Kalfath permalink

    AH BOONG AH. ORANG ADMINNYA AJA NGEJEK NGEJEK AGAMA ISLAM.

    • Mimie permalink

      Sebenarnya memahami quran itu mudah, yg penting bisa hafal, pasang toa kencang2, artinya tafsir sendiri.Merampok itu halal atau haram ,suka2 sendirilah tafsirnya.
      Menjadikan mantu sebagai istri, membunuh suami orang terus malamnya dikawinkan,dan kawin sama gadis cilik belum mens, itu halal diridhoi awloh swt.

    • Setuju deh…. ANDA ISLAM, PASTI PINTAR!!!!!!!!!!!!!!
      Kan suri teladan sempurnanya si cabul BUTA HURUF SAW!!!!!
      Standar kepintaran anda, ya sudah bisa baca tulis dan main internetan, tentu sudah bisa menuduh dan mengklaim seperti halnya si cabul BUTA HURUF SAW bukan????!!!!!

      OK… selanjutnya anda dinobatkan sebagai SUPER JENIUS ALA ISLAM!!!!!!!
      Selamat ya………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: