Skip to content

MATAHARI MENGELILINGI BUMI, ALLOW SWT MAHA TIPU TIPU

January 6, 2015

https://fadhlihsan.wordpress.com/2011/11/06/matahari-mengelilingi-bumi-sebuah-kepastian-dalam-al-quran-dan-as-sunnah/

      Pertanyaan: Assalaamu’alaikum Ustadz. Baru-baru ini saya mendapat artikel dari seorang teman (Dr Syaikh Muhammad bin shalih Al-Utsaimin, semoga Allah merahmati beliau) tentang bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi.. Adapun dalil-dalil yang digunakan adalah:
      – QS. Al-Baqoroh: 258
      – QS. Al-An’am: 78
      – QS. Al-Kahfi: 17
      – QS. Al-Anbiya: 33
      – QS. Al-A’raf: 54
      – QS. Az-Zumar: 5
      – QS. Asy Syams: 1-2
      – QS. Yaasiin: 37-40
      – dan juga HR. Bukhari no. 3199; Muslim no. 159, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu dan matahari telah terbenam,
      ”Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi?” Dia (Abu Dzar) menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Beliau bersabda: ”Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah Arsy, kemudian minta izin lalu diizinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu dia tidak diizinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: ‘Kembalilah dari arah kamu datang,’ lalu dia terbit dari arah barat (tempat terbenamnya).
      Mohon pencerahannya ustadz, hati saya benar-benar gundah karenanya. Saya harap ustadz berkehendak menjawab hal ini. Sungguh bila memang benar itu adanya insya Allah saya yakin 100%. Terima kasih sebelum dan sesudahnya. Jazakallaahu Khairan Katsiron.
      Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.
      Jawaban oleh ustadz Dzulqarnain:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Apa yang antum baca dari artikel tersebut memang benar adanya fatwa Syaikh Ibnu Utsaimindalam berbagai buku beliau. Dan itu juga adalah fatwa Syaikh Ibnu Baz, Syaikh Muqbil dan lain-lainnya, bahkan Fatwa Mufti Saudi Arabia Pertama, guru para Imam di masa ini, Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Asy-Syaikh. Seharusnya itu yang kita yakini sebagaimana diterangkan dalam ayat-ayat dan hadits yang antum sebutkan.
    Wallahu a’lam.

http://toko-muslim.com/buku-matahari-mengelilingi-bumi/

http://alhilyah.com/kategori-akidah/116-matahari-mengelilingi-bumi.html

Apakah Matahari Berputar Mengelilingi Bumi ?

Oleh : DR. Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin

Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: “Apakah Matahari berputar mengelilingi bumi?”.

Jawaban.
“Dhahirnya dalil-dalil syar’i menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhahirnya dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk menakwilkan dari dhahirnya. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa matahari berputar mengelilingi bumi sehingga terjadi pergantian siang dan malam adalah sebagai berikut.

[1]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang Ibrahim akan hujahnya terhadap yang membantahnya tentang Rabb.

“Artinya : Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat,” [Al Baqarah : 258]

Maka keadaan keadaan matahari yang didatangkan dari timur merupakan dalil yang dhahir bahwa matahari berputar mengelilingi bumi.

[2]. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman juga tentang Ibrahim.

“Artinya : Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: ‘Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar’, maka tatkala matahari itu terbenam dia berkata : ‘Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.'” [Al-An’am : 78]

Jika Allah menjadikan bumi yang mengelilingi matahari niscaya Allah berkata: “Ketika bumi itu hilang darinya”.

[3]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Artinya : Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka berada disebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu.” [Al-Kahfi : 17]

Allah menjadikan yang condong dan menjauhi adalah matahari, itu adalah dalil bahwa gerakan itu adalah dari matahari, kalau gerakan itu dari bumi niscaya Dia berkata: “gua mereka condong darinya(matahari)”. Begitu pula bahwa penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari menunjukkan bahwa dialah yang berputar meskipun dilalahnya lebih sedikit dibandingkan dilalah firmanNya “(condong) dan menjauhi mereka)”.

[4]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Artinya : Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” [Al-Anbiya’ : 33]

Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata:”Berputar dalam suatu garis peredaran seperti alat pemintal”. Penjelasan itu terkenal darinya.

[5]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Artinya : Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat,” [Al-A’raf : 54]

Allah menjadikan malam mengejar siang, dan yang mengejar itu yang bergerak dan sudah maklum bahwa siang dan malam itu mengikuti matahari.

[6]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

“Artinya : Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang banar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” [Az Zumar : 5]

FirmanNya: “Menutupkan malam atau siang” artinya memutarkannya atasnya seperti tutup sorban menunjukkan bahwa berputar adalah dari malam dan siang atas bumi. Kalau saja bumi yang berputar atas keduanya (malam dan siang) niscaya Dia berkata: “Dia menutupkan bumi atas malam dan siang”. Dan firmanNya: “matahari dan bulan, semuanya berjalan”, menerangkan apa yang terdahulu menunjukkan bahwa matahari dan bulan keduanya berjalan dengan jalan yang sebenarnya (hissiyan makaniyan), karena menundukkan yang bergerak dengan gerakannya lebih jelas maknanya daripada menundukkan yang tetap diam tidak bergerak.

[7]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Artinya : Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengirinya,” [Asy-Syam : 1-2]

Makna (mengiringinya) adalah datang setelahnya. dan itu dalil yang menunjukkan atas berjalan dan berputarnya matahari dan bulan atas bumi. Seandainya bumi yang berputar mengeliligi keduanya tidak akan bulan itu mengiringi matahari, akan tetapi kadang-kadang bumi mengelilingi matahari dan kadang-kadang matahari mengeliling bulan, karena matahari lebih tinggi dari pada bulan. Dan untuk menyimpulan ayat ini membutuhkan pengamatan.

[8]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

“Artinya : Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dan malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai tandan yang tua. Tidaklah mugkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” [Yaa-Siin : 37-40]

Penyandaran kata berjalan kepada matahari dan Dia jadikan hal itu sebagai kadar/batas dari Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui menunjukkan bahwa itu adalah haqiqi (sebenarnya) dengan kadar yang sempurna, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan siang malam dan batas-batas (waktu). Dan penetapan batas-batas edar bulan menunjukkan perpindahannya di garis edar tersebut. Kalau seandainya bumi yang berputar mengelilingi maka penetapan garis edar itu bukannya untuk bulan. Peniadaan bertemunya matahari dengan bulan dan malam mendahului siang menunjukkan pengertian gerakan muncul dari matahari, bulan malam dan siang.

[9]. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

“Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?” Dia menjawab: “Allah dan RasulNya lebih tahu”. Beliau bersabda: “Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: “Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq ‘alaih] [1]

PerkataanNya: “Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari tempat terbenamnya” sangatlah jelas sekali bahwa dia (matahari) itulah yang berputar mengelilingi bumi dengan perputarannya itu terjadinya terbit dan terbenam.

[10]. Hadits-hadits yang banyak tentang penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari, maka itu jelas tentang terjadinya hal itu dari matahari tidak kepada bumi.”

Boleh jadi disana masih banyak dalil-dalil lain yang tidak saya hadirkan sekarang, namun apa yang telah saya sebutkan sudah cukup tentang apa yang saya maksudkan. Wallahu Muwaffiq.”

[Disalin dari Majmu Fatawa Arkanul Islam, edisi Indonesia Majmu Fatawa Solusi Problematika Umat Islam Seputar Akidah Dan Ibadah, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Terbitan Pustaka Arafah]
_________
Foote Note
[1] Dikeluarkan oleh bukhari, Kitab Bad’ul Khalqi, bab shifat asy syam wal qamar : 3199, dan muslim, kitab Al Iman, bab Bayan az Zaman al Ladzi la yuqbal fihil Iman : 159

————————————————————————————————————————

Adakah MUSLIM YANG LEBIH JUJUR DARI ALLOW SWT????!!!!!!

From → Uncategorized

18 Comments
  1. SAW ITU SUPER BIADAB permalink

    ngomong2 pada kmn ya!!!! super jenius islam ???????!!

  2. andre permalink

    pada tidur kali atau memang sudah malas dengan penulis yang super jenius he he he

  3. sofyan permalink

    sirik tanda tak mampu,orang yang mampunya hanya mencaci maki….astaga mau dibikin apa negara ini”negara caci maki”

    • SETUJU, sirik tanda tak mampu…..
      Matahri mengelilingi bumi, tanda allow swt maha tipu tipu…..
      Anda mampu untuk menjelaskannya, atau hanya sirik saja karena tidak mampu???!!!!

  4. dijelaskan gimana,,,yah….?? ikut2tan aja….punya mata bisa melihat,,bisa merasakan pula,,,, matahari itu dilihat bergerak,,sangat jelas,,,dan saya rasa bumi tidak bergerak,,,dan saya tidak terbanting banting,,,rasa gempa tidak? oh..rasa.!! itu belum,,itu baru sedikit dan tidak lama gimana rasanya kalau bumi berputar putar tanpa henti…apa yang terjadi,,,,!! saya rasa saya tidak perlu mengikuti orang yang suka ikut2tan.

    • Perasaan seringkali menipu anda.
      Tapi kalau anda yakin dengan perasaan anda, tidak satupun yang bisa menyalahkan perasaan anda.
      Pengetahuan bukan didasarkan atas persaan.
      Seorang anak akan merasa bapaknya seorang pahlawan, walupun bapaknya adalah penipu, perampok bahkan pembunuh.

    • Yang berbondong-bondong ke Mekah, semuanya tidak lebih dari sekedar tout saja dan rebutan Jin…………….. itu fakta..!!!!
      dan lempar batu jimbron,, untuk apa keliling2 kaabah hnya rebutan batu,,,,,setiap yg ke sana permintaanya tidak lepas dari ” agr usahanya laris, agr dapat Ilmu, agr kekuatnya makin sakti, bisa nikh sama jin.. itu fakta,,, karena sebagian kecil keluargaKu beragama muslim fersi Indonesia.
      aku smpat tnya ke keluargaKu yg Muslim,,,
      Aku: “kalian ke kaabah hanya untuk itu,””??, kok rebutan Jin, kalian percya sma Jin apa sama Tuhan??
      KeluargaKu: ”’$&_(&%$_)^%_)_#$(&#* (diam)… satu per satu menghilang…

      • Yang berbondong bondong ke Mekah, semuanya wajib mengatakan “KAMI DATANG PADAMU YA ALLOW” sambil menunjuk kalau bisa mencium: DZAT TAUHID, seonggok batu hitanm berbentuk vagina, sembahan ABDULLAH dan nenek moyangnya, satu satunya ILLAH tersisa dari 360 ILLAH ILLAH di Kahbah Mekah yang menjadi sembahan para muslim, baik keturunan Adam maupun keturunan IBLIS, yang menjadi pengikut ANAK ABDULLAH setelah ANAK ABDULLAH, SANG ABDI ALLOW berkuasa…..

  5. Kalau gitu, buku kurikulum di sekolah harus di ganti,, selama ini di tulis “Bumi mengelilingi Matahari” di ubah aja menjadi “Matahari mengelilingi Bumi” , entar kalau tidak di ganti bisa kafir karena sudah tidak mempercayai kuran aloh,,,,,, tapi bagaimana dgn planet-planet dalam tata surya kita ya, apa planet-planet nga protes dan demo????
    Ngomong2, massa bumi di banding matahari gimana ? Bumi yang lebih besar atau matahari yang lebih besar ? mungkin ada jawabannya di dalam kuran ??? siapa tahu selama ini juga keliru , ya nga ?

    • Yang ngarang BUKU tersebut, pastilah KAFIR LAKNATULLAH!!!!! Sudah dilaknat allow swt, tapi kok ya gpp toh!!!!!!
      Kalaupun muslim pengarangnya, tentu pengarang buku tersebut muslim DURJANA, MURTAD SEMURTAD MURTANYA karena sudah menyangkal allow swt!!!!!

      Selamat datang dan selamat bergabung dalam MENGUPAS TUNTAS, ISLAM QURAN HADIST.
      Semoga anda tidak menjadi latah dan terbawa perasaan untuk menanggapi Muslim muslim yang super jenius luar biasa, gatal di kepala, garuknya selalu di pantat.
      Bagi yang mengerti, tentunya paham apa yang dimaksutkan, muslim super jenius akan menafsirkan dia menggaruk pantat, karena isi kepalanya sudah pindah ke pantat!!!!!
      Sebagai seniman, anda dilarang keras membahas tentang seni di sini, karena nanti anda dilaknat ALLOW SWT.
      Seandainya anda salah, mengakulah salah, jangan menuduh orang lain bersalah dan anda merasa otomatis benar, karena itu adalah RAHASIA UMUM PARA SUPER JENIUS, ala islam tentunya.
      OK…. kembali ke artikel : MATAHARI MENGELILINGI BUMI, ALLOW SWT MAHA TIPU TIPU

      Selamat dinikmati sajiannya………..

  6. Salut degn wawasan ttng jalur NasraniMu Sobat,,,, pnya artikel, dan alasn-alasn yg tepat ssarn mnjdikan begitu indah argumenMu. mksi ats smuax… minta addingx…

    • Selamat datang dan selamat bergabung.
      Perlu diingatkan, blog ini membahas tentang islam, quran dan hadist dan segala sesuatu yang berhubungan dengan ISLAM.
      Dilarang keras menarik narik, menyeret nyeret, mempromosikan segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan pembahasan tentang Islam.
      Tx

  7. Batam permalink

    Kayaknya gak akan ada muslim yg berani menyanggah hal ini xixixi

  8. Intinya adalah bahwa planet yang kita injak ini adalah bergerak sebagaimana planet-planet lainnya sesuai dengan tempat masing-masing…apakah matahari mengitari bumi atau bumi mengitari matahari..atau sebaliknya, bulan mengitari bumi atau bumi mengitari bulan..masing-masing mereka bergerak dan tidak berdiam diri..coba kamu lihat, pada pagi hari matahari terbit dan pada maghribnya bulan terbit..
    Allah swt berfirman:
    Artinya : “dan matahari berjalan ditempat peredarannya demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui. dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah Dia sampai ke manzilah yang terakhir) Kembalilah Dia sebagai bentuk tandan yang tua. tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS. Yasin : 38 – 40)..

    jadi, yang dibicarakan ALlah adalah bumi yang kita injak ini adalah berputar dan berjalan, cuma kita saja gak sadar..

    gak ada bertentangan ayat yang satu dengan yang lain..

    untuk mengetahui maksud ayat-ayat Allah itu, dengan penelitian yang serius..kalaupun ulama salah menilai ayat tersebut, bukanlah alquran yang salah..bukankah Allah sudah jelaskan, bahwa masing-massing planet beredar pada tempatnya?..itulah yang membuat Astronot sangat terheran-heran begitu rapinya dalam pengaturan itu, sebagaimana tubuh kita..

    kalau sudah waktu tiba hari kiamat, peredaran tidak teratur, sehingga hancurlah semua planet, sebagaimana tubuh kita..

    SEMOGA ANDA MAU BERFIKIR LEBIH JAUH. BAHWA BUMI KITA SEDANG LAGI BERPUTAR DAN BUMI TIDAK DIAM…WAALLAHU A’LAM..TERIMA KASIH

    • BERDASARKAN AYAT DI ATAS (YASIN 38-40)
      BUMI BERPUTAR:

      KALAU KAMU PERGI DAN LIHAT DI SANA, LALU MATAHARI DAN BULAN BERADA GARIS EDARNYA DI MANA?..BARU KAMU BISA MENGAMBIL KESIMPULAN…

      JELAS SEKALI..ALLAH TIDAK MENJELASKAN BUMI MENGITARI MATAHARI ATAU MATAHARI MENGITARI BUMI. TAPI, KITA YANG HARUS MEMBUKTIKAN ITU, DENGAN CARA KITA PERGI LUAR ANGKASA..SETELAH KITA MENELITI, BARU BISA KITA PAHAMI MAKSUD FIRMAN ALLAH..TANPA PENELITIAN, KITA TIDAK AKAN PERNAH MAKSUD FIRMAN ALLAH SWT…HANYA ALLAH MENJELASKAN BAHWA MATAHARI BERPUTAR PADA GARIS EDARNYA..KALAU KAMU SUDAH MELIHAT ITU, BARU BISA MENGAMBIL KESIMPULAN..

      COBA JELASKAN YANG ELOE TANGGAP DARI AYAT-AYAT ALQURAN APA? BAGAIMANA FAKTA ILMIAHNYA?
      WAALLAHU A’LAM

    • zulkifli abdullah permalink

      Ternyata hakullah ahli fisika jebolan M.I.T. Amerika ya. Kalau masih hidup pastilah Capernicus dan Galilei Galileo lewat semua. Tahu sendiri dah, quran kan sumber dari segala ilmu, sayang namanya ILMU NGAWUR dan ILMU NGIBUL !!!!!!

  9. Ptolemy permalink

    hebat….
    .. claudius ptolemy .. Geocentris
    salut gw.

    • Cladius Ptolemy (85 – 165) adalah salah satu astronom Yunani (lahir di Mesir) yang paling berpengaruh pada zamannya dengan mengusung theory geosentris dengan mengadopsi dan atau melanjutkan pendapat Aristoteles (384 – 322 SM) bahwa bumi adalah pusat alam semesta/tata surya.

      Salah satu karyanya, Almagest yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Arab menjadi Al Majisti menjadi dasar dan memegang peranan penting dalam sejarah perkembangan ilmuwan ISLAM yang masih digunakan sampai sekarang ini, termasuk di dalamnya ayat Al quran yang mengatakan bahwa Matahari dan bulan memutari bumi pada garis edarnya.
      QS 14. 33
      Dan Dia telah menundukkan bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar; dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.
      QS 36. 40
      Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.
      Qs 18. 86
      Hingga apabila dia telah sampai ke tempat ter benam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata, “Hai Dzulkarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan terhadap mereka.”

      Pendapat tersebut juga diperkuat dengan dalil yang sahih:
      Nabi SAW berkata kepada Abu Dzar ketika matahari terbenam. “Apakah engkau tahu ke mana dia pergi?” Abu Dzar menjawab, “Allah dan rasulnya lebih mengetahui.” Nabi berkata, “Sesungguhnya dia pergi bersujud di bawah Arsy dan meminta izin lalu diizinkan. Dan dia meminta izin dan tidak diizinkan. Kemudian dikatakan, kembalilah ke tempat kamu muncul dan terbenamlah dari arah baratnya.”

      TETAPI…………………………..

      Setelah Nicolaus Copernicus (1473 – 1543) mengemukakan tentang heliosentris, dimana bumilah yang menglilingi matahari dan telah dibuktikan pada era modren ini bahwa matahari sebagai pusat tata surya, maka

      AHLI AHLI TAFSIR AKAN MENAFSIRKAN AYAT AYAT AL QURAN YANG INTINYA TIDAK ADA KATA KATA YANG MENGATAKAN DI AL QURAN BAHWA MATAHARI MENGELILINGI BUMI.

      Yang ada dan pasti, bahwa ALLOW SWT ADALAH PENIPU ULUNG, SNG PENYESAT, KHAIRUL MAKARIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: