Skip to content

ASBABUN NUZUL QS 113 dan 114

June 7, 2014

From → Uncategorized

3 Comments
  1. @Pak Penulis
    Asbabunnuzul surat alfalq dan annas
    Diriwayatkan oleh al-Baihaqi di dalam kitab Dalaa-ilun Nubuwwah, dari al-Kalbi, dari Abu Shalih, yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas, bahwa Rasulullah SAW pernah mengalami sakit parah. Maka datanglah kepada beliau dua malaikat, yang satu duduk sebelah kepala beliau dan satu lagi duduk sebelah kaki beliau. Berkatalah malaikat yang duduk di sebelah kaki beliau kepada malaikat yang duduk di sebelah kepala beliau: “Apa yang engkau lihat ?” Ia menjawab, “Beliau terkena guna-guna.” Ia bertanya lagi, “Apa guna-guna itu ?” Ia menjawab, “Guna-guna itu sihir.” Ia bertanya lagi, “Siapa yang membuat sihirnya ?” Ia menjawab, “Labid bin al-Asham al-Yahudi, yang sihirnya merupakan gulungan yang disimpan di dalam sumur keluarga si fulan di bawah sebuah batu besar. Datanglah ke sumur itu, timbalah airnya dan angkatlah batunya, kemudian amblillah gulungannya dan bakarlah.”
    Pada pagi harinya Rasulullah SAW mengutus ‘Ammar bin Yasir dan kawan-kawannya. Setibanya di sumur itu, tampaklah airnya merah seperti air pacar. Air itu ditimbanya, diangkat batunya, serta dikeluarkan gulungannya serta gulungannya dibakar. Ternyata di dalam gulungan itu ada tali yang terdiri atas sebelas simpul. Kedua surat ini (al-Falaq dan an-Naas) diturunkan berkenaan dengan hal tersebut. Setiap kali Rasulullah mengucapkan satu ayat, terbukalah simpulnya.
    Dalam kitab Shahihul Bukhari terdapat syaaHid (penguat) yang ceritanya seperti itu, tapi tidak menyebutkan sebab turunnya kedua surat itu. Namun dalam riwayat lain ada syaHid (penguat) yang ceritanya seperti itu juga dan menyebutkan sebab turunnya kedua surat itu.

    Rasulullah saw sebagai contoh teladan bagi ummatnya, tentu, Rasulullah memberikan cara mengatasi semua itu dan sekaligus beliau saw adalah manusia biasa..dan semua segala sesuatu yang terjadi termasuk Nabi-Nya tidak lepas dengan Izin-Nya..

    Allah swt berfirman:
    “Katakanlah, ‘Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah Pelindung kami, dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.’” (at-Taubah: 51)

    Rasulullah saw terjadi seperti itu atas kehendak Allah. begitu juga manusia yang hidup di dunia ini dari ujung ke ujung tidak lepas dari takdirnya, bahkan daun jatuhpun semua sudah tertulis di lauh mahfuz..rasanya sudah sperti skenario Allah swt..

    jadi, bukan berarti..wah, udah kalau begitu sudah gak usah kerja dan gak berbuat apa-apa, semua itu adalah takdir Allah..gak seperti itu, kale..

    kita sebagai seorang mukmin harus yakin kepada Allah bahwa pertolongan tidak lain semua itu adalah dari Allah swt,
    Allah swt berfirman:
    “Jika Allah menolong kamu, maka tak ada orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mu’min bertawakal.” (Ali Imran: 160)

    tidak ada seorang manusiapun yang bisa mencelakan orang lain kecuali atas kehendak-Nya,,kita bisa melihat, berapa banyak manusia celaka terlindas oleh kereta api. berapa banyak manusia selamat dari kecelakaan di jalan..itu sebagai contoh, bahwa kita ini tidak akan lepas dari takdir Allah. itulah sebabnya, Allah merahasiakan takdir setiap manusia, biar manusia mau berusaha dan berikhtiar

    di dalam sebuat hadits menyatakan:Rasulullah saw bersabda:
    Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga dia beriman kepada qadar baik dan buruknya dari Allah, dan hingga yakin bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya, serta apa yang luput darinya tidak akan menimpanya.” (Shahih, riwayat Tirmidzi dalam Sunan-nya (IV/451) dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dan diriwayatkan pula oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya (no. 6985) dari ‘Abdullah bin ‘Amr. Syaikh Ahmad Syakir berkata: ‘Sanad hadits ini shahih.’ Lihat juga Silsilah al-Ahaadits ash-Shahihah (no. 2439), karya Syaikh Albani rahimahullah)..

    Skenario Allah diberitahukan di dalam alquran, Allah swt berfirman:
    “Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua perkara yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia Maha Mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan, dan tidak ada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak juga sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan telah tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (Qs. Al-An’aam: 59)

    waallahu a’lam..terima kasih

    • JADI KAMU SETUJU si CABUL KENA SANTET??!!!!!

      • @Pak Penulis
        APAKAH KAMU SETUJU si Nabi MUHAMMAD SAW KENA SIHIR??!!!!!

        ———
        Lantas kenapa, Nabi Muhammad saw kena sihir?..bukankah Nabi Isa as itu adalah utusan Allah?. lalu kenapa Nabi Isa as dijadikan sebagai tuhan gara-gara punya keistimewaan?..kalau seandainya Nabi Muhammad saw tidak terkena sihir, .bukankah semua itu adalah rencana Allah swt Yang Maha Perkasa?..Siapakah yang mengatasi semua itu?..lantas darimanakah Rasulullah saw tahu?..seharusnya, Rasulullah saw tidak tahu tentang penyakitnya..yang memberitahukan semua itu tidak lain adalah Allah swt melalui Malaikat Jibril..dan ini menandakan bahwa beliau saw adalah seorang manusia biasa, bedanya adalah beliau saw diberikan wahyu..

        ternyata tak satupun yang bisa mencelakan Rasulullah saw, karena beliau saw dilindungi oleh Allah swt, maka gagallah semua rencana orang-orang kafir yahudi dan nashara…bayangkan saja, orang yang menyihir Rasulullahpun gak tahu, bahwa beliau saw dilindungi oleh Allah swt. yang mereka tahu adalah Rasulullah saw pasti celaka dengan sihirnya, ternyata mereka gagal dan ketahuan sihirnya..

        penyihir itu tujuannya tidak lain adalah membunuh Rasulullah saw dengan sihirnya, tak disangka penyihir itu gagal membunuhnya (Rasulullah saw)..akhirnya, si orang kafir itu merasa putus asa terhadap membunuh beliau saw, karena setiap kali mereka membunuh beliau saw selalu gagal, gak ada satupun yang berhasil….(ambil hikmah sejarahnya, bukan melihat, yang penting Rasulullah saw kena sihir. tetapi, bagaimana kelanjutannya)..

        di sini jelas sekali, bahwa Rasulullah saw adalah manusia biasa dan bukan tuhan, supaya mereka tidak memuji rasulullah saw secara berlebihan, karena beliau saw takut akan terjadi sama seperti Yesus as, mereka menganggap yesus itu tuhan dan memujinya secara berlebihan..

        Allah pun telah mengutus para rasul sebagai penegak hujjah-Nya. Para rasul telah memberikan kabar gembira dan peringatan serta ancaman. Allah Ta’ala berfirman,

        رُسُلاً مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللَّهِ حُجَّةٌ بَعْدَ الرُّسُلِ

        “(Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu”. (QS. An-Nisa: 165)

        Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir.” Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. Sesunggunya mereka yang beriman dan beramal shaleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan(nya) dengan yang baik. Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.” (QS. Al-Kahfi: 29-31)

        wallahu a’lam..terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: